Penggunaan Media Sosial Dalam Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa
Studi Pada Program Studi Sosiologi Universitas Mataram
Kata Kunci:
Pengaruh, Media Sosial, Perilaku KonsumtifAbstrak
Penelitian dilatarbelakangi oleh masalah penggunaan media sosial yang berdampak pada gaya hidup mahasiswa, dimana mahasiswa zaman sekarang dihadapkan dengan banyaknya macam produk yang ditawarkan melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media sosial dalam belanja online terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa Program Studi Sosiologi Universitas Mataram. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini juga dianalisis menggunakan teori konsumsi oleh Jean Baudrillard. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media sosial dalam belanja online terhadap perilaku konsumtif yang dapat dilihat dari beberapa faktor perilaku konsumtif mahasiswa seperti membeli produk karena kemasan yang menarik, membeli produk berdasarkan pertimbangan harga (bukan atas dasar manfaat), membeli produk karena unsur model yang mengiklankan produk, membeli produk karena limited edition (edisi terbatas), membeli produk karena iming-iming hadiah, membeli produk karena warnanya bagus, membeli produk untuk menjaga status sosial di lingkungannya, dan membeli produk karena pengemasannya menarik.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 kusmayanti kusmayanti, Arif Nasrullah, Solikatun Solikatun
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.