KEDAI KOPI SEBAGAI RUANG PUBLIK MAHASISWA DI KOTA MATARAM

Penulis

  • Mardaniel Roikhan Widodo Prodi Sosiologi Universitas Mataram
  • Saipul Hamdi Prodi Sosiologi Universitas Mataram
  • I Dewa Made Satya Parama Prodi Sosiologi Universitas Mataram

Kata Kunci:

Kedai Kopi, Mahasiswa, Ruang Publik

Abstrak

Kedai kopi telah berkembang menjadi salah satu bentuk ruang publik modern yang penting di berbagai kota. Awalnya hanya berfungsi sebagai tempat menikmati minuman, kedai kopi kini menjadi ruang interaksi sosial, kolaborasi, dan produktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kedai kopi sebagai ruang publik serta faktor-faktor yang membuatnya menarik bagi kalangan mahasiswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ruang publik, dimana kedai kopi sebagai ruang publik yang menyediakan ruang bebas tanpa tekanan untuk bersosialisasi, mendapatkan ilmu pengetahuan, informasi, dan pengalaman melalui komunikasi. Landasan konseptual dalam penelitian ini meliputi ruang publik, kedai kopi, dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif dan metode penelitian fenomenologi. Pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Kawape Coffee dan Kissa Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor desain interior, akses internet, dan suasana yang nyaman menjadi elemen penting yang meningkatkan daya tarik kedai kopi sebagai ruang publik. Selain itu, memunculkan terciptanya diskursus dan aktivitas yang dibangun dari kalangan mahasiswa. kedai kopi juga memainkan peran penting dalam membangun komunitas lokal dan menciptakan lingkungan yang inklusif. Berdasarkan hasil ini, kedai kopi dapat dipahami sebagai fenomena sosial yang mendukung interaksi antarindividu, memperkuat jejaring sosial, dan memperkaya dinamika kehidupan perkotaan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-25

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>