Pemaknaan Fashionable Dalam Presentasi Diri Mahasiswa Universitas Mataram

Penulis

  • Melissa Tita Oktavina Prodi Sosiologi Universitas Mataram
  • Siti Nurjannah Prodi Sosiologi Universitas Mataram
  • I Dewa Made Satya Parama Prodi Sosiologi Universitas Mataram

Kata Kunci:

Fashionable, Mahasiswa, Presentasi diri

Abstrak

Akibat arus globalisasi dan modernisasi mengakibatkan perubahan fungsi pakaian yang awalnya menjadi pelindung tubuh kemudian beralih fungsi menjadi sebuah tanda status sosial, identitas diri serta keunikan pribadi. Dampak globalisasi dan modernisasi juga dirasakan oleh mahasiswa Universitas Mataram yang menggunakan penampilan fashionable sebagai presentasi diri yang ditampilkan di khalayak ramai. Presentasi diri yang dilakukan oleh mahasiswa dalam penampilan fashionable berusaha menyampaikan makna kepada orang lain tentang identitas diri dan menunjukkan kepribadian individu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemaknaan fashionable sebagai presentasi diri mahasiswa Universitas Mataram serta strategi yang digunakan dalam membangun presentasi diri melalui gaya busana yang fashionable. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dramaturgi Erving Goffman yang melihat presentasi diri mahasiswa melalui gaya busana fashionable. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, makna yang disampaikan dalam penampilan fashionable adalah Perfeksionis, trendy, feminim, elegant, positif vibes. Kedua, strategi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam membangun presentasi diri melalui gaya busana yaitu: media sosial, mencari toko-toko pakaian yang murah serta promo di E-commerce, serta memadu padankan gaya berpakaian.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-25

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama