Submissions
Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.- Naskah belum pernah diterbitkan sebelumnya, dan tidak sedang dalam pertimbangan untuk diterbitkan di jurnal lain (atau sudah dijelaskan dalam Komentar kepada Editor).
- File naskah dalam format dokumen OpenOffice, Microsoft Word, atau RTF.
- Referensi yang dapat diakses online telah dituliskan URL-nya.
- Naskah diketik dengan teks 1 spasi; font 12; menggunakan huruf miring, bukan huruf bergaris bawah (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan dalam teks pada tempat yang diharapkan, bukan dikelompokkan tersendiri di akhir naskah.
- Naskah mengikuti aturan gaya selingkung dan bibliografi yang disyaratkan dalam Panduan Penulis.
Author Guidelines
[Judul Makalah] [12 Cambria Bold] [Maksimal 14 Kata]
Abstrak
Abstrak berbahasa Indonesia ditulis menggunakan TNR-10. Jarak antarbaris 1 spasi. Abstrak berisi 150-250 kata dan hanya terdiri atas 1 paragraf, yang memuat tujuan, metode, serta hasil penelitian.
Kata kunci: Kata kunci_1, Kata kunci_2, Kata kunci_3, Kata kunci_4
Abstract
Abstract in English version, written using by Time New Roman 10pt, this Italic abstract contains research’s aim/ purpose, method, and reseach results.Abstract should be written in 1 paragraph, single space among rows, using past tense sentences.
Keyword: , Keyword_2, Keyword_3, Keyword_4
[Artikel wajib ditulis dengan jumlah 6 – 10 halaman A4 (minimal 6, maksimal 10 halaman) sudah termasuk Daftar Pustaka; jenis huruf TNR (Times New Roman) 11 pts, spasi 1 atau tunggal]
PENDAHULUAN (10%)
Berisi latar belakang, rasional, dan atau urgensi penelitian. Referensi (pustaka atau penelitian relevan), perlu dicantumkan dalam bagian ini, hubungannya dengan justifikasi urgensi penelitian, pemunculan permasalahan penelitian, alternatif solusi, dan solusi yang dipilih. Cara penulisan sumber dalam teks perlu menunjukkan secara jelas nama author dan sitasi sumber, yang berupa tahun terbit dan halaman tempat naskah berada. Sebagai contoh adalah: ........ hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa tidak mampu mengenali permasalahan otentik..... (Retnawati, 2014, p.6).
Derajat kemutakhiran bahan yang diacu dengan melihat proporsi 10 tahun terakhir dan mengacu pustaka primer. Permasalahan dan tujuan, serta kegunaan penelitian ditulis secara naratif dalam paragraf-paragraf, tidak perlu diberi subjudul khusus. Demikian pula definisi operasional, apabila dirasa perlu, juga ditulis naratif.
Pendahuluan ditulis dengan TNR-11 tegak, dengan spasi 1. Tiap paragraf diawali kata yang menjorok ke dalam 5 digit, atau sekitar 1 cm dari tepi kiri tiap kolom.
METODE (15%)
Berisi jenis penelitian, waktu dan tempat penelitian, target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, instrumen dan teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya. target/sasaran, subjek penelitian, prosedur, data dan instrumen, dan teknik pengumpulan data, serta teknik analisis data serta hal-hal lain yang berkait dengan cara penelitiannya dapat ditulis dalam sub-subbab, dengan sub-subheading. Sub-subjudul tidak perlu diberi notasi, namun ditulis dengan huruf kecil berawalkan huruf kapital, TNR-11 unbold, rata kiri.
Khususnya untuk penelitian kualitatif, waktu dan tempat penelitian perlu dituliskan secara jelas (untuk penelitian kuantitatif, juga perlu). Target/subjek penelitian (untuk penelitian kualitatif) atau populasi-sampel (untuk penelitian kuantitatif) perlu diurai dengan jelas dalam bagian ini. Perlu juga dituliskan teknik memperoleh subjek (penelitian kualitatif) dan atau teknik samplingnya (penelitian kuantitatif). Prosedur perlu dijabarkan menurut tipe penelitiannya. Bagaimana penelitian dilakukan dan data akan diperoleh, perlu diuraikan dalam bagian ini.
Untuk penelitian eksperimental, jenis rancangan (experimental design) yang digunakan sebaiknya dituliskan di bagian ini. Macam data, bagaimana data dikumpulkan, dengan instrumen yang mana data dikumpulkan, dan bagaimana teknis pengumpulannya, perlu diuraikan secara jelas dalam bagian ini.
Bagaimana memaknakan data yang diperoleh, kaitannya dengan permasalahan dan tujuan penelitian, perlu dijabarkan dangan jelas.
(Catatan: Sub-subbab bisa berbeda, menurut jenis atau pendekatan penelitian yang digunakan. Jika ada prosedur atau langkah yang sifatnya sekuensial, dapat diberi notasi (angka atau huruf) sesuai posisinya).
HASIL DAN PEMBAHASAN (70%)
Hasil penelitian disajikan dalam bentuk deskripsi/narasi sistematis, grafik, bagan, atau tabel. Analisis dan interpretasi hasil ini diperlukan sebelum dibahas.
Tabel dituliskan di tengah atau di akhir setiap teks deskripsi hasil/perolehan penelitian. Bila lebar Tabel tidak cukup ditulis dalam setengah halaman, maka dapat ditulis satu halaman penuh. Judul Tabel ditulis dari kiri rata tengah, semua kata diawali huruf besar, kecuali kata sambung. Kalau lebih dari satu baris dituliskan dalam spasi tunggal. Sebagai contoh, dapat dilihat Tabel 1 (Lihat pada Link berikut -->). Hasil berupa gambar, atau data yang dibuat gambar/ skema/ grafik/ diagram/ sebangsa-nya, pemaparannya juga mengikuti aturan yang ada; judul atau nama gambar ditaruh di bawah gambar, dari kiri, dan diberi jarak 1 spasi dari gambar. Bila lebih dari 1 baris, antarbaris diberi spasi tunggal. Sebagai contoh, dapat dilihat pada Gambar 1 (Lihat pada Link berikut -->).
Pembahasan difokuskan pada mengaitkan data dan hasil analisisnya dengan permasalahan atau tujuan penelitian dan konteks teoretis yang lebih luas. Dapat juga pembahasan merupakan jawaban pertanyaan mengapa ditemukan fakta seperti pada data.
Pembahasan ditulis melekat dengan data yang dibahas. Pembahasan diusahakan tidak terpisah dengan data yang dibahas.
SIMPULAN (5%)
Simpulan dapat bersifat generalisasi temuan sesuai permasalahan penelitian, dapat pula berupa rekomendatif untuk langkah selanjutnya.
DAFTAR PUSTAKA
Penyusunan Daftar Pustaka yang mengikuti teknik yang standar harus dilakukan secara baku dan konsisten. Untuk menjaga konsistensi cara pengacuan, pengutipan dan daftar pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi Reference Manager, seperti Zotero, Mendeley, atau aplikasi berbayar yang lain. Ditulis dalam spasi tunggal, antardaftar pustaka diberi jarak 1 spasi. Sebagian contoh cara penulisan referensi/ acuan di dalam Daftar Pustaka, diberikan berikut. Kami menyarankan Anda menggunakan penulisan daftar rujukan menggunakan APA 7th publication manual disajikan sebagai berikut. Format daftar pustaka justified (rata kanan-kiri).
Periodicals Journal
Author, A. A., Author, B. B., & Author, C. C. (yyyy). Title of article in sentence-style capitalisation. Title of Journal in Italics and Heading-style Capitalisation, vol(issue), pp–pp. doi URL
Bannan-Ritland, B. (2003). The role of design in research: The integrative learning design framework. Educational Researcher, 32, 21–24. https://doi.org/10.3102/0013189X032001021
Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.
Wilson, G., & Stacey, E. (2004). Online interaction impacts on learning: Teaching the teachers to teach online. Australasian Journal of Educational Technology, 20(1), 33–48. http://dx.doi.org/10.14742/ajet.1366.
Books
Author, A. A., & Author, B. B. (yyyy). Title of book in italics and sentence-style capitalization. Location: Publisher.
Schunk, D. H. (2004). Learning theories: An educational perspective (4th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.
Notes: The 2-letter state abbreviation is required if the item was published in the US. If the item was published outside the US, the country is not included.
Chapters in books
Author, A. A. (yyyy). Title of chapter in sentence-style capitalisation. In A. Editor, B. Editor, & C. Editor (Eds.), Title of book in italics and sentence-style capitalization (xx ed., Vol. xx, pp. xxx-xxx). Location: Publisher.
Mayer, R. E. (2005). Cognitive theory of multimedia learning. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge handbook of multimedia learning (pp. 31–48). New York, NY: Cambridge University Press.
Notes: The 2-letter state abbreviation is required if the item was published in the US. If the item was published outside the US, the country is not included.
Conference paper
Author, A. A., & Author, B. B. (yyyy, Month). Title of paper in italics and sentence-style capitalization. Paper presented at the Name of the Conference, Location. Retrieved from http://www.xxx
Proceedings
Author, A. A., Author, B. B., & Author, C. C. (yyyy). Title of article in sentence-style capitalisation. Proceedings of the Name of Meeting, Location, pp–pp. doi: xxxx
Notes: Proceedings published in book form should be referenced as for chapters in books.
Doctoral dissertation
Author, A. A. (yyyy). Title of dissertation in italics and sentence-style capitalization (Doctoral dissertation). Name of Institution, Location. Retrieved from http://www.xxx
Websites and online resources
If you refer to an entire website you do not need to include an entry in the reference list. Identify the title of the source and provide the URL in parentheses e.g., … the Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education (http://www.ascilite.org.au/) provides …
Webpages
Australasian Journal of Educational Technology. (2008). References for editorial, production and business management purposes. Retrieved from http://www.ascilite.org.au/ajet/about/ref/references.html
Blogs
Downes, S. (2007, February 3). What connectivism is [Blog post]. Half an Hour. Retrieved from http://halfanhour.blogspot.co.uk/2007/02/what-connectivism-is.html
More examples can be found at the APA (http://www.apastyle.org/).
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.