CHILDREN'S BEHAVIOR AS A RESULT OF THE SHIFT OF TRADITIONAL TO MODERN GAMES (The Case of Children in Koloh Petung Timuk Hamlet Lenek Pesiraman Village, East Lombok Regency)
Kasus Anak-Anak Di Dusun Koloh Petung Timuk Desa Lenek Pesiraman Kabupaten Lombok Timur
Kata Kunci:
Perilaku Anak, Permainan Modern, Permainan TradisionalAbstrak
Akibat arus globalisasi dan perkembangan teknologi yang semakin pesat
mengakibatkan semakin banyaknya masyarakat terutama anak-anak dalam
menggunakan teknologi seperti handphone. Handphone tidak hanya digunakan
sebagai alat komunikasi akan tetapi banyak anak-anak yang menggunakan
handphone untuk bermain game. Banyaknya anak yang bermain permainan
modern mengakibatkan eksistensi permainan tradisional menjadi tergeser. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku serta dampak
perilaku anak sebagai akibat dari pergesran permainan tradisional ke modern di
Dusun Koloh Petung Timuk. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial Max Weber yang melihat bagaimana
tindakan anak-anak akibat permainan modern. Hasil penelitian ini menunjukkan:
Pertama bentuk perilaku anak yang terjadi dalam aspek kognitif yaitu anak dapat
menggunakan bahasa inggris dan langsung mempraktekkannya; dalam aspek
afektif yaitu anak menjadi mudah emosi dan tidak sabaran, anak menjadi malas
belajar, mengaji, dan beribadah; dalam aspek psikomotorik yaitu anak menjadi
terampil dalam mengoperasikan teknologi. Kedua, dampak yang ditimbulkan ada
dua yaitu dampak positif berupa menambah relasi pertemanan dan mendapat
keuntungan ekonomi; dampak negatifnya berupa anak bersifat individualis,
mengganggu kesehatan, timbulnya sifat boros pada anak, anak menjadi kecanduan
game, dan anak menjadi suka berbohong.
Kata Kunci : Perilaku Anak, Permainan Modern
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Maulidatul Hasanah, Siti Nurjannah, Farida Hilmi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.