Implementasi Media Belajar Flashcard 3 Bahasa (Inggris-Indonesia-Sasak) dalam Meningkatkan Pengetahuan Bahasa Asing pada Anak Usia Dini
Implementasi Media Belajar Flashcard 3 Bahasa (Inggris-Indonesia-Sasak) dalam Meningkatkan Pengetahuan Bahasa Asing pada Anak Usia Dini
Kata Kunci:
Flashcard, Mengajar, Edukasi, Literasi, Anak-anakAbstrak
Flashcard merupakan sebuah kertas karton berukuran kecil yakni 25 x 30 cm yang mengandung gambar menarik beserta penjelasan kata yang sesuai dengan gambar dalam Flash Card tersebut. Flash Card sebagai media belajar yang dapat memberikan gambaran kepada siswa-siswi mengenai materi yang diajarkan secara menyenangkan. Pada penelitian ini akan menjelaskan mengenai adanya peningkatan minat belajar dengan media belajar Flash Card materi Bahasa Inggris yang diajarkan kepada anak-anak di Pesisir Pantai Lingkungan Bintaro, Ampenan, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Media Flash card yang diajarkan kepada anak-anak mengandung gambar dan kata yang terkandung dalam 3 bahasa (Inggris, Indonesia, dan Sasak). Bahasa Sasak sebagai bahasa ibu yang digunakan untuk mempermudah pemahaman anak-anak Pesisir Pantai Bintaro Jaya. Berdasarkan hasil dari pengamatan kegiatan belajar siswa-siswi, menunjukan adanya kenaikan pemahaman mengenai pembelajaran Bahasa Inggris dasar yakni di siklus I tingkat pemahaman yakni 35%, Siklus II 50%, Siklus III 67%, Siklus IV 83,3%.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Raka Hidayat, Sofia Munaya Alkaff, Revalita Amara Dwina, Dalfiha Mulia Ananda, Baiq Amalia Asri Aisyati, Rizal Agus Pramudiansyah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.