Implementasi Media Belajar Flashcard 3 Bahasa (Inggris-Indonesia-Sasak) dalam Meningkatkan Pengetahuan Bahasa Asing pada Anak Usia Dini

Implementasi Media Belajar Flashcard 3 Bahasa (Inggris-Indonesia-Sasak) dalam Meningkatkan Pengetahuan Bahasa Asing pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Raka Maypangestu Hidayat Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Sofia Munaya Alkaff Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Revalita Amara Dwina Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Dalfiha Mulia Ananda Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Baiq Amalia Asri Aisyati Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Rizal Agus Pramudiansyah Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram

Kata Kunci:

Flashcard, Mengajar, Edukasi, Literasi, Anak-anak

Abstrak

Flashcard merupakan sebuah kertas karton berukuran kecil yakni 25 x 30 cm yang mengandung gambar menarik beserta penjelasan kata yang sesuai dengan gambar dalam Flash Card tersebut. Flash Card sebagai media belajar yang dapat memberikan gambaran kepada siswa-siswi mengenai materi yang diajarkan secara menyenangkan. Pada penelitian ini akan menjelaskan mengenai adanya peningkatan minat belajar dengan media belajar Flash Card materi Bahasa Inggris yang diajarkan kepada anak-anak di Pesisir Pantai Lingkungan Bintaro, Ampenan, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Media Flash card yang diajarkan kepada anak-anak mengandung gambar dan kata yang terkandung dalam 3 bahasa (Inggris, Indonesia, dan Sasak). Bahasa Sasak sebagai bahasa ibu yang digunakan untuk mempermudah pemahaman anak-anak Pesisir Pantai Bintaro Jaya. Berdasarkan hasil dari pengamatan kegiatan belajar siswa-siswi, menunjukan adanya kenaikan pemahaman mengenai pembelajaran Bahasa Inggris dasar yakni di siklus I tingkat pemahaman yakni 35%, Siklus II 50%, Siklus III 67%, Siklus IV 83,3%.

Diterbitkan

2023-12-31