PERUBAHAN PERILAKU REMAJA PADA KOMUNITAS GAME ONLINE DI DESA MAMBEN DAYA

Penulis

  • Abdul Karim Munzil Prodi Sosiologi Universitas Mataram
  • Muhammad Arwan Rosyadi Prodi Sosiologi Universitas Mataram
  • Azhari Evendi Prodi Sosiologi Universitas Mataram

Kata Kunci:

Perubahan, Perilaku, Remaja, Game Online

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab remaja menggemari game online dan bentuk perubahan perilaku remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1) faktor penyebab remaja menggemari game online yakni; 1. pengaruh teman sebaya, 2. jenis game yang bervariatif, 3. wadah berkelompok, 4. berkeinginan menjadi pro player, dan 5. sebagai hiburan, serta (2) bentuk perubahan perilaku yang terjadi pada remaja akibat bermain game online, yakni; 1. perubahan emosional, 2. memiliki banyak teman dalam dunia virtual, 3. perubahan kondisi fisik, 4. Perilaku konsumtif, 5. yang berakibat hubungan remaja dengan orang tua dan lingkungan menjadi renggang.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-28

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>