PERUBAHAN PERILAKU REMAJA PADA KOMUNITAS GAME ONLINE DI DESA MAMBEN DAYA
Kata Kunci:
Perubahan, Perilaku, Remaja, Game OnlineAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab remaja menggemari game online dan bentuk perubahan perilaku remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1) faktor penyebab remaja menggemari game online yakni; 1. pengaruh teman sebaya, 2. jenis game yang bervariatif, 3. wadah berkelompok, 4. berkeinginan menjadi pro player, dan 5. sebagai hiburan, serta (2) bentuk perubahan perilaku yang terjadi pada remaja akibat bermain game online, yakni; 1. perubahan emosional, 2. memiliki banyak teman dalam dunia virtual, 3. perubahan kondisi fisik, 4. Perilaku konsumtif, 5. yang berakibat hubungan remaja dengan orang tua dan lingkungan menjadi renggang.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Abdul Karim Munzil, Muhammad Arwan Rosyadi, Azhari Evendi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.