DESCRIBING THE MOTIVATION AND LITERACY ACTIVITIES OF INDONESIAN K-POP FANS IN ONLINE ENGLISH FANFICTION
Kata Kunci:
Fanfiction, K-Pop Fans, Literacy, Motivation, TechnologyAbstrak
Penelitian ini membahas bagaimana hubungan motivasi membaca Fanfiction berbahasa Inggris para fans K-Pop Indonesia dan faktor apa yang mempengaruhi mereka untuk membaca. Penelitian ini juga berfokus pada kegiatan literasi apa yang terjadi dalam tren membaca Fanfiction berbahasa Inggris oleh penggemar K-Pop di Indonesia. Fanfiction adalah jenis fiksi buatan penggemar yang ditulis menggunakan nama idola mereka sebagai tokoh utama. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan MRQ (Motivation Reading Questionnaire) dan wawancara untuk mengumpulkan data. Dari penelitian ini, 78% penggemar setuju dengan hal yang memotivasi K-Pop fans untuk membaca Fanfiction adalah karena idola mereka adalah tokoh utama dalam cerita. Dengan persentase hingga 92% para fans K-Pop juga termotivasi untuk membaca jika judul cerita yang mereka baca memperbarui lanjutannya. 89% penggemar K-Pop setuju bahwa mereka termotivasi untuk membaca Fanfiction karena jenis genre yang bervariasi dan dapat disesuaikan dengan minat mereka. 81% Fans setuju bahwa membaca Fanfiction adalah kegiatan belajar dimana dengan membaca kosa kata mereka meningkat. Penelitian ini juga menemukan bahwa kegiatan literasi dalam membaca Fanfiction di kalangan K-Pop fans antara lain minat menulis yang muncul setelah membaca cerita. Secara singkat, aktivitas literasi komunitas K-Pop fans terhadap Fanfiction online adalah membaca, menulis, memahami tanda baca, dan meningkatkan kemampuan kosa kata yang kemudian digarisbawahi dengan kesimpulan bahwa Fanfiction membuat mereka memilih membaca sebagai aktivitas yang mereka minati.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fitri Rahayu, Nurul Hasanah Fajaria, Hana Amanda
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.