Implementasi Nilai Budaya dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Studi Kasus : ASEAN Study Walailak University, Thailand

Authors

  • Revalita Amara Dwina Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Revalita Amara Dwina Universitas Mataram
  • Nilam Handayani Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Rawiechasya Listika Salie Salie Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Salsabila Sausan Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Sulastri Novi Mardiana Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram
  • Yunida Adzani Ashri Program Studi Hubungan Internasional Universitas Mataram

Keywords:

ASEAN, Diplomasi Budaya, Hubungan Internasional, Thailand, Universitas Walailak

Abstract

Walailak University merupakan salah satu Universitas di Thailand yang memiliki sebagian besar komponen negara-negara ASEAN dalam aspek pembelajarannya. Bahasa Indonesia pun menjadi salah satu komponen penting yang menarik perhatian mahasiswa/i yang berada di bawah naungan Fakultas Political Science and Laws, khususnya jurusan ASEAN Studies. Kegiatan mengajar Bahasa Indonesia menjadi program yang ditujukan agar mahasiswa/i jurusan ASEAN Studies dapat mengenal dan memahami Bahasa Indonesia lebih lanjut. Kegiatan ini di mulai dari tingkat dasar hingga tingkat tinggi. Selama kegiatan pembelajaran Bahasa ini berlangsung, terdapat empat keterampilan berbahasa yang diajarkan, yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Kegiatan ini secara umum berperan penting dalam proses pemahaman dan penguasaan Bahasa Indonesia mahasiswa/i yang bernaung di bawah jurusan ASEAN Studies. Selain itu, para mahasiswa ASEAN Studies juga diperkenalkan lebih dekat dengan nilai budaya Indonesia yang sifatnya tradisional dan modern, sehingga mahasiswa dapat memahami Bahasa Indonesia yang terus berevolusi seiring berkembangnya zaman. Penelitian ini dilakukan untuk mengimplementasikan konsep dalam Hubungan Internasional yang berkaitan dengan Konsep Diplomasi Budaya. Implementasi ini secara langsung memperkenalkan budaya negara Indonesia, baik dari aspek bahasa, sosial, dan budaya. Adapun penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksiptif dengan pendekatan eksploratif dan memperoleh data primer secara langsung melalui studi kasus lapangan serta data sekunder melalui jurnal dan web terpercaya untuk memperoleh data yang efektif. Penelitian ini dianalisis oleh peneliti untuk melihat bagaimana implementasi nilai budaya Indonesia untuk disebarluaskan melalui pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-31

Most read articles by the same author(s)