PROSES MENJADI KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS MATARAM DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF

Authors

  • Syifa Rizqi Fajri Anugrah Prodi Sosiologi Universitas Mataram
  • Muktasam Muktasam Prodi Agribisnis Universitas Mataram
  • Latifa Dinar Rahmani Hakim Prodi Sosiologi Universitas Mataram

Keywords:

Pengaruh Media Sosial, Perilaku Konsumtif, Status Sosial

Abstract

Proses menjadi konsumtif pada mahasiswa universitas mataram dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari pergaulan sosial, individu. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif ini dapat dibedakan menjadi beberapa aspek, seperti pengaruh media sosial, status sosial yang ingin ditampilkan, serta kecenderungan untuk memenuhi kebutuhan emosional atau psikologis melalui konsumsi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Proses Menjadi Konsumtif Pada Mahasiswa Universitas Mataram dan mengetahui apa saja Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif yang dilakukan melalui pendekatan studi kasus dengan melihat subjek penelitian secara subjek dan terperinci. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan mengambil 12 informan yang dimana dibagi menjadi informan utama, informan kunci, dan informan pendukung. Proses perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Universitas Mataram dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk keinginan untuk diakui, tren mode yang berkembang, dan pengaruh sosial dari teman. Selain itu, adanya tekanan untuk memenuhi standar yang berlaku di lingkungan sosial kampus mendorong mahasiswa untuk melakukan pembelian secara berlebihan. Akibatnya, perilaku konsumtif ini tidak hanya mencerminkan kebutuhan pribadi, tetapi juga berfungsi sebagai sarana untuk menunjukkan eksistensi dan status sosial di kalangan mahasiswa.

Published

2025-06-28

Most read articles by the same author(s)