MOTIF REMAJA LAKI-LAKI BERMAIN GAME ONLINE PUBG MOBILE DI KELURAHAN MENALA KECAMATAN TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT
Keywords:
Game online PUBG Mobile, Motif, RemajaAbstract
Game online banyak diminati oleh remaja di Indonesia, termasuk di Kelurahan Menala, Sumbawa Barat. Remaja di Kelurahan Menala yang kecanduan game online PUBG Mobile sebagian besar adalah laki-laki. Game online PUBG Mobile memiliki dampak negatif seperti begadang hingga larut malam, sulit dikelola dan menentang orang tua karena kecanduan bermain game online. Penelitian ini mengidentifikasi motif remaja bermain game online PUBG Mobile di Kelurahan Menala dan menganalisis dampak bermain game online. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Motive Teori oleh Alfred Schutz. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan pendekatan fenomenologis dengan teknik pengumpulan data, yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan yang ditarik. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa remaja yang memainkan game online PUBG Mobile memiliki beberapa motif, yaitu motif 'karena', hobi bermain game, ajakan teman, trend, dan pengaruh lingkungan sosial. Sementara itu, motif “untuk” (in-order-to-motive) antara lain ingin menjadi Professional Player dan Streamer game PUBG Mobile. Game online PUBG Mobile juga memiliki dampak negatif dan positif, yaitu dampak negatif dari bermain game online PUBG Mobile ini adalah susah diatur, begadang, kecanduan bermain game, bisa mengikuti kompetisi/turnamen sehingga dapat berdampak buruk bagi remaja. Namun dampak positifnya yaitu remaja yang memiliki kemampuan dan dedikasi dapat mengikuti turnamen game PUBG Mobile, membuka peluang untuk mengembangkan kemampuan serta meraih prestasi di bidang esport.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Veryan Kurniawanto, Solikatun Solikatun, Ika Wijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.