TEKNOLOGI PUPUK KOMPOS ORGANIK SEBAGAI INOVASI RAMAH LINGKUNGAN UNTUK MENUNJANG PENANAMAN PEPAYA CALIFORNIA DALAM MEWUJUDKAN PERTANIAN MAJU DAN BERKELANJUTAN

Penulis

  • Lalu Hakaki Arham Fakultas Teknik
  • Yola Eka Putri Maharani Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
  • Rizma Lia Dwi Putri Marwan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
  • Mita Randani Sulastri Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
  • Abdul Hakim Fakultas Hukum
  • Nu’im Hayat Fakultas Hukum
  • Nurul Safitri Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  • Alfironi Yahya Fakultas Ekonomi Dan Bisnis
  • Ersha Salsabilla Fakultas Peternakan
  • Jumiati Jumiati Fakultas Teknologi Pangan Dan Teknik Pertanian

Kata Kunci:

Pertanian, Pepaya California, Teknologi Pupuk Kompos Organik

Abstrak

Sektor pertanian merupakan sektor yang diunggulkan karena mata pencaharian penduduk Indonesia sebagian besar adalah petani. Oleh karena itu, dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) dengan tema “Pertanian Maju Berkelanjutan” ini  merupakan bentuk pengabdian mahasiswa sebagai peserta yang berpartisipasi langsung kepada masyarakat dibawah bimbingan lembaga kampus Universitas Mataram dan dibimbing secara berkelanjutan oleh dosen pembimbing lapangan dalam mengedukasi masyarakat mengenai sektor pertanian maju berkelanjutan.Desa Barabali, Kecamatan Batukliang, Lombok Tengah merupakan salah satu desa yang banyak membudidayakan tanaman holtikultura pepaya california yang lagi menjadi produk unggulan di kalangan petani dengan harapan dapat meningkatan skala ekonomi dan kehidupan yang lebih sejahtera.

Pemberdayaan ekonomi masyarakat sangat penting diperlukan kepada para petani dengan berbagai macam program penyuluhan maupun berdiskusi kepada para kelompok tani lain guna untuk menambah pengetahuan dan informasi mengenai pertanian khususnya agar dapat menjadikan petani yang kreatif, berinovasi dan mandiri. Pertanian pepaya California semakin berkembang dengan fokus pada inovasi ramah lingkungan. Salah satu aspek utama dari pendekatan ini adalah penggunaan teknologi pupuk kompos organik yg diurai secara alami seperti tanaman, pupuk hijau, dan limbah dapur. Keunggulan utama teknologi pupuk kompos organik terletak pada kemampuannya mengurangi limbah organik yang menciptakan siklus daur ulang yg efisien.

Pengunaan teknologi pupuk kompos kompos tidak hanya memberi dampak positif pada lingkungan tetapi juga memberikan manfaat kesehatan tanah. Teknologi Pupuk ini meningkatkan kesuburan tanah, memperbaiki struktur tanah dan meningkatkan retensi air. Hal ini mengurangi ketergantuan pada pupuk kimia sintesis dan membantu mengurangi risiko erosi tanah. Selain itu pendekatan ini mendukung pertanian organik yg lebih berkelanjutan, menciptakan sistem pertanian yang ramah lingkungan dan menghasilkan produk papaya yang lebih sehat melalui penerapan pupuk kompos organik. Pertanian pepaya California dapat mencapai tingkat produktivitas yg tinggi dengan tetap memperhatikan keberlanjutan dan keseimbangan ekologis.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-24