INOVASI BRANDING PRODUK KERIPIK PISANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NILAI JUAL DI DESA TIMBANUH

Penulis

  • M.Adhi Putra Firmansyah Program Studi Kehutanan, Universitas Mataram
  • Rafiqah Azzahra Program Studi Ilmu Hukum, Universitas Mataram
  • Ida Rohayani Program Studi Kehutanan Univesitas Mataram
  • Yuningsih Lestari Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Mataram
  • Noval Aziz Syhabudin Program Studi Teknik Elektro, Universitas Mataram
  • Syahrul Amri Program Studi Teknik Informatika, Universitas Mataram
  • Program Studi Teknik Informatika, Universitas Mataram Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Mataram
  • Nafila Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Mataram
  • Nadea Putri Program Studi Ilmu Lingkungan, Universitas Mataram
  • Fadila Septiani Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Mataram

Kata Kunci:

Desa Timbanuh, Inovasi, Keripik Pisang, Branding

Abstrak

Desa Timbanuh merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok timur. Masyarakatnya sebagian besar bekerja sebagai pekebun. Salah satu potensi yang dimiliki adalah hasil perkebunan yang melimpah seperti pisang, durian dan alpukat. Namun potensi sumber daya tersebut belum mampu dimaksimalkan oleh masyarakat dikarenakan kurangnya inovasi dan kreativitas. Sehingga hasil kebun seperti pisang yang melimpah hanya sebatas diperjualbelikan biasa dan memiliki harga jual yang rendah. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi yang kreatif guna meningkatkan nilai jual. Mahasiswa KKN PMD Unram hadir sebagai jembatan bagi masyarakat untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kreativitas dan meningkatkan pendapatan ekonominya. Pengolahan pisang menjadi keripik merupakan program utama yang dikembangkan. Program ini dilaksanakan dalam bentuk pengabdian selama 52 hari dengan jumlah anggota kelompok 10 orang. Adapun metode yang digunakan untuk mendukung program ini adalah survey lokasi, sosialisasi dengan masyarakat terkait, melakukan pengembangan produk keripik pisang milik salah satu masyarakat, pembuatan produk mulai dari produksi, pengemasan, pelabelan, pemasaran. Hasil dari program kegiatan ini adalah terciptanya produk keripik pisang yang bernilai jual tinggi, dapat dikenal lebih luas, dan memiliki identitas produk yang memang berasal dari suatu tempat tertentu (ciri khasnya).

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-24