PERKEMBANGAN USAHA KERUPUK KEPITING RAJUNGAN: DIGITAL MARKETING DAN DESAIGN PACKAGING PRODUK UMKM DESA LEMBAR SELATAN

Penulis

  • Suprian Saputra Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Alifia Ismatillah Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Farauhun Masfalah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Fiska Anisa Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Hanna Salwa Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Hanna Syafitri Program Studi Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Lalu Ferdi Alfarisi M Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • M. Ispan Zapariadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • M. Naufal Arwansyuri Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Wila Marviani BJ Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia
  • Sadikin Amir Jurusan Ilmu Kelautan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram, Mataram, Mataram, Indonesia

Kata Kunci:

Desa Lembar Selatan, kepiting rajungan, digital marketing, desaign packaging

Abstrak

Desa Lembar Selatan merupakan salah satu desa di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat dimana desa tersebut merupakan daerah yang kaya akan hasil laut, salah satunya kepiting rajungan. Kerupuk kepiting rajungan salah satu produk olahan kepiting rajungan yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi usaha yang berkelanjutan. Namun, yang menjadi kendala di desa ini ialah kurangnya pengetahuan masyarakat terkait digital marketing dan design packaging yang sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Dengan demikian, sosialisasi tentang digital marketing dan design packaging yang sesuai standar sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat Desa Lembar Selatan. Metode kegiatan yang dilaksanakan dikemas dalam bentuk sosialisasi. Sosialisasi dilakukan untuk menjelaskan bagaimana metode digital marketing dan design packaging yang menarik sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Dari hasil sosialisasi terlihat bahwa masyarakat Desa Lembar Selatan telah mendapatkan informasi tentang metode digital marketing yang tepat dan design packaging yang menarik sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Dengan pengetahuan yang dimiliki diharapkan dapat diterapkan dan disebarluaskan kepada keluarga dekat dan masyarakat sekitarnya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-24