OPTIMALISASI KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI WISATA MELALUI DIGITAL MARKETING DI DESA KUTA KECAMATAN PUJUT

Penulis

  • Shridevi Wisnumurthi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mataram
  • Heny Sepryanida Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mataram

Kata Kunci:

Digital Marketing, Desa Kuta, KKN

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa perguruan tinggi kepada masyarakat. Mahasiswa terlibat secara aktif dan kreatif melakukan pengembangan terhadap suatu desa lewat pembimbingan, pemberdayaan, dan menyadarkan masyarakat akan potensi desa yang dimiliki. Observasi dilakukan dengan metode: (1) tanya jawab, (2) dokumentasi, dan (3) survey langsung ke lapanga, sehingga berdasarkan hasil observasi dapat ditentukan program kerja KKN. Desa Kuta merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah selatan pulau Lombok tepatnya di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa Kuta menjadi desa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) parawisata yang mampu dijadikan sebagai objek pengembangan desa. Namun, sampai saat ini masih terdapat objek-objek wisata yang belum banyak orang ketahui seperti Pantai Benjon, Bukit Sekar Kuning dan Tiu Merendeng. Kurangnya promosi digital membuat objek wisata tersebut tidak banyak diketahui wisatawan. Program Kerja utama yaitu, sosialisasi pemahaman digital marketing kepada masyarakat bersama kelompok sadar wisata (POKDARWIS), pembuatan bak sampah di tempat wisata tersembunyi dan pembuatan papan informasi. Di samping itu, terdapat beberapa program kerja tambahan yaitu : (1) beach clean up, (2) mengajar bahasa inggris di TPQ dusun Sekar Kuning, (3) mengajar TK, (4) mengajar SD, (5) mengikuti kegiatan masyarakat. Oleh karena itu, adanya berbagai program kerja KKN dapat membantu mengembangkan potensi wisata Desa Kuta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-09