INOVASI PACKAGING UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM KERUPUK BONGGOL PISANG DI DESA MASMAS
Kata Kunci:
UMKM, KKN-PMD, Desa Masmas, Kerupuk Bonggol Pisang, kemasan produkAbstrak
Bisnis yang dilakukan oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sudah banyak mengisi kegiatan ekonomi baik di daerah maupun nasional. Tim KKN-PMD Universitas Mataram mendapat Desa Masmas sebagai wilayah pengabdian dengan tema Desa Preneur. Potensi UMKM di desa Mas-Mas ada beberapa produk yaitu diantaranya keripik talas, kerupuk tepung, kerupuk bonggol pisang, kerajinan ketak, dan rengginang singkong. Salah satu produk yang akan kami kembangkan yaitu produk kerupuk bonggol pisang. Permasalahan pada produk kerupuk bonggol pisang ini yaitu tidak ada sertifikasi halal, kemasan yang masih tradisional berupa plastik polosan, tidak adanya merk yang membuat target pemasarannya tidak luas dan tidak meningkat. Tim KKN-PMD Desa Masmas memiliki tujuan peningkatan pemasaran UMKM melalui inovasi packaging, adanya legalitas usaha melalui pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikasi halal serta meningkatkan pemahaman mengenai cara mengembangkan UMKM dan pentingnya kreativitas dalam berwirausaha melalui Sosialisasi Pengembangan UMKM Desa Masmas. Hasil pelaksanaan program kerja mahasiswa KKN-PMD yaitu menunjukkan keberhasilan yang dapat dibuktikan dengan adanya kemasan produk dengan desain terbaru, terbitnya nomor induk berusaha (NIB) dan sertifikasi halal pada UMKM Kerupuk Bonggol Pisang, Pisang Sale dan Kerupuk Tepung, serta daftar hadir para tamu undangan dalam acara Sosialisasi yang telah diselenggarakan oleh mahasiswa KKN-PMD Universitas Mataram Desa Masmas.