PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DI DESA TEROS MELALUI PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BISNIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN INOVASI BISNIS MASYARAKAT DESA TEROS, KECAMATAN LABUHAN HAJI, KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Kata Kunci:
Pemasaran, Kewirasuahaan, KKN, TerosAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi. Dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Teros, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, kelompok mahasiswa dan dosen Universitas Mataram melaksanakan berbagai kegiatan dengan sasaran utama pengembangan Kewirausahaan. Tujuan pelaksanaan kegiatan KKN ini adalah untuk menjawab berbagai permasalahan terkait bidang Kewiraushaan Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM). Permasalahan yang telah diidentifikasi berupa kurang luasnya jangkauan pemasaran baik melalui online shop maupun pemasaran secara langsung terkait produk pelaku usaha dan kurangnya kreativitas dan inovasi dalam pengememasan. Dalam upaya mengatasi masalah pemasaran yang jangkuannya tidak luas kurangnya kreativitas dan inovasi dalam pengememasan. Upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Universitas Mataram adalah mengajak semua pelaku usaha untuk mengikuti kegiatan seminar dan pelatihan kewirausahaan guna mempelajari dan mempraktikkan pemasaran secara digital melalui online shop dan pengemesan produk yang lebih menarik dengan merek yang menarik juga serta pemberian Nomor Induk Berusaha(NIB) dan Sertifikasi Halal. Sehingga pelaku usaha yang ada di Desa Teros dapat memepalajari cara memasarkan secara online dan mempunyai jangkauan pemasaran yang luas dengan adanya NIB dan sertifikasi halal sehingga dapat bersaing ke luar daerah dan pasar luar lainnya. Dengan adanya kegiatan sosialisai dan pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha Desa Teros, masyarakat khususnya pelaku usaha dapat meningkatkan nilai jual dari pemasaran secara digital melalui online shop dan sosial media yang dimana, selain itu juga dengan pemberian pengemasan/merek yang menarik disertai NIB dan Sertifikasi Halal dapat membantu masyarakat memasarkan produknya ke toko-toko besar dengan nilai jual yang ekonomis dan itu sangat membantu pertumbuhan perekonomian pelaku usaha masryakat Desa Teros.