PERBAIKAN PEMASARAN PRODUK KARE-KARE DESA PRINGGARATA, KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Penulis

  • Lalu Gianyar Sanjiwani Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Rizkika Maulida Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Rumi Sari Andriani Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Nanda Fadila Uswati Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Mataram
  • Lalu Muhammad Pajri Aryadi Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Ijabul Khatimah Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram
  • Dwi Karunia Rahmasari Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mataram
  • Zuhratul Umami Ahyani Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Mataram
  • Muhammad Dhamier Vidan Jurusan Hubungan Internasional, Universitas Mataram
  • Vinka Salsabila Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mataram
  • Salman Salman Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mataram

Kata Kunci:

Jajanan Tradisional, Kare-Kare, Lombok, Pemasaran

Abstrak

Lombok adalah salah satu pulau dengan keragaman budaya yang tersebar ditiap wilayahnya, tidak terkecuali dengan jajanan tradisional. Salah satu jajanan tradisional Lombok yaitu Kare-Kare. Terbuat dari tepung tapioka, tepung beras, gula merah, gula pasir dan juga air. Salah satu produsen kare-kare ini yaitu Dusun Kwangjukut, Desa Pringgarata, Kecamatan Pringgata, Lombok Tengah. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pembuatan kare-kare sekaligus perbaikan kemasan serta pemasaran produk. Metode yang digunakan adalah observasi dan penerapan langsung perbaikan kemasan di lokasi. Adapun hasil kegiatan observasi dan perbaikan kemasan adalah dihasilkan kemasan yang lebih elegan. Kemasannya memuat label nama produk “KARE-KARE NICE”, komposisi serta deskripsi mengenai kare-Kare sendiri. Pemasaran yang cocok adalah dengan menggunakan media online seperti media sosial dan juga pemasaran secara langsung kepada masyarakat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-09