UPAYA PENGEMBANGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP LABELING, PACKAGING DAN PROMOSI YANG BERBASIS DIGITAL PADA UMKM DI DESA MEKARSARI
Kata Kunci:
desa mekarsari, UMKM, promosi berbasis digitalAbstrak
Perkembangan teknologi informasi serta komunikasi semakin pesat sejalan dengan pengguna internet di seluruh dunia. UMKM disebut sebagai roda penggerak pembangunan ekonomi nasional. Permasalahan yang sering dialami oleh pelaku UMKM adalah pemanfaatan media pemasaran yang kurang maksimal. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan desain produk dan pemanfaatan media digital. Dengan adanya perbaikan desain produk dapat memperluas jangkauan pasar sehingga meningkatkan penjualan pengusaha. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan berbasis Kuliah Kerja Nyata terdiri dari 2
tahap yaitu tahap perencanaan dan tahap pelaksanaan. Tahap perencanaan dimulai dengan mencari informasi mengenai pengetahuan tentang labeling, packaging dan promosi digita melalui artikel atau jurnal terkait.Selanjutnya dilakukan tahap pelaksanaan diantaranya mengadakan kegiatan sosialisasi untuk menambah pengetahuan tentang labeling, packaging, dan promosi digital.Kegiatan sosialisasi tentang labeling, packaging, dan promosi digital bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang apa itu labeling, packaging, dan promosi digital. Sosialisasi sangat bermanfaat untuk masyarakat Mekarsari karena dapat menambah pengetahuan tentang berbisnis. Bagaimana cara menarik konsumen untuk tetap mengingat dan mengenal produk yang dijual belikan. Upaya pengembangan pengetahuan masyarakat Mekarsari terhadap labeling, packaging dan promosi yang berbasis digital pada UMKM melalui kegiatan sosialisasi. Masyarakat menyadari pentingnya cara mengelola bisnis dengan baik, seperti desain logo menarik dan packaging yang mudah diingat konsumen. Masyarakat juga memperoleh wawasan dan pengetahuan baru bahwa bisnis yang menguntungkan bisa diperoleh dengan biaya produksi yang sedikit menggunakan tata cara berbisnis yang benar.