OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA PRODUK ANYAMAN BAMBU DI DESA GELORA KECAMATAN SIKUR KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Kata Kunci:
Pemasaran, Digital Marketing, Anyaman Bambu, Media Sosial, PelatihanAbstrak
Pendapatan dalam usaha kerajinan anyaman bambu di Desa Gelora, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur semakin kesini semakin menurun dikarenakan tahun lalu adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan masyarakat sulit beraktivitas, sehingga kegiatan ekspor impor hasil kerajinan baik dari bahan baku sampai yang sudah jadi diberhentikan untuk sementara waktu, untuk itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas produk dan membantu meningkatkan pemasaran hasil kerajinan anyaman bambu secara online dengan harga yang terjangkau dan kualitas barang yang bagus supaya dikenal oleh masyarakat luas. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan bagaimana pemasaran melalui digital marketing guna meningktakan daya saing usaha mikro handicraft di Desa Gelora. Metode pelaksaan kegiatan ini adalah dengan mengundang Dinas Perindustrian, Dinas Perdagangan dan Asosiasi Pelaku Industri Kecil dan Menengah untuk sosialisasi. Kegiatan ini mampu memberikan pemahaman tentang bagaimana pemasaran melalui digital marketing menggunakan marketplace yaitu Instagram sebagai platform penjualan produk secara online. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berikutnya diharapkan dapat mencakup lebih luas lagi usaha mikro yang akan menjual produknya secara online.