PERANAN DIGITAL MARKETING BAGI USAHA MIKRO DALAM MENGGEMBANGKAN DESA UNGGA SEBAGAI DESA WISATA KAMPUNG PERAK
Kata Kunci:
Perak Ungga, Digital Marketing, Kampung PerakAbstrak
Desa Ungga merupakan salah satu satu desa yang terletk di Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Desa yang sebagian besar penduduknya bersuku sasak ini memiliki bentang budaya yang menjanjikan terhadap nilai jual objek wisata. Kekentalan budaya yang masih ada di desa ini menjadi daya tarik tersendiri, selain itu yang lebih menariknya Desa Ungga juga terkenal karena kerajinan peraknya. Banyak pengrajin serta mitra produksi yang tersebar di desa ini, hal tersebut juga menjadi suatu sumber ekonomi alternatif bagi penduduk. Pengembangan ini akan diusulkan kepada masyarakat desa dalam bentuk website dan membuat brosur sebagai media promosi kelapangan. Dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh mitra, maka tahapan penyelesaiannya dibagi menjadi 3 yaitu 1) memahami peluang dan permasalahan mitra 2) Pembuatan Website pemasaran 3) melakukan pameran kerajinan dan pemasaran langsung dan penjualan produk mitra secara Online (website market place). Urutan proses kegiatan pengabdian adalah dengan pembagian potensi desa dan penentuan lokasi yang ada di Desa ungga. Dalam kesempatan kali ini kami dari pengabdi mendapatkan lokasi di Desa Ungga, Praya barat daya, Lombok tengah. Setelah melakukan pembagian ini, kemudian hal yang dilakukan yaitu melakukan konsultasi terhadap pihak terkait secara berkala mengenai pelaksanaan pengabdian secara langsung. asil dari pengabdian ini telah menyesuaikan dengan kondisi yang ada di desa dan website dirancang supaya mudah dipahami, sehingga masyarakat desa dapat dengan mudah memanfaatkannya sebagai media promosi, selain itu dilakukan pula media promosi mengunakan brosur yang di sebar ke tempat wisata terdekat yang ada di daerah lombok tengahBerdasarkan data yang didapatkan dalam pengabdian peranan digital marketing bagi usaha mikro kerajinan perak di desa ungga merupakan potensi yang masyarakat harapkan untuk dikembangkan guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan desa dalam hal ini teknik pemasaran adalah salah satu hal yang perlu diketahui masyarakat atau pengerajin sehingga peranan digital marketing ini berdasarkan hasil kuisioner yang ada masyarakat sangat dibantu dengan adanya digital marketing seperti websit ecommerce yang sudah dibuat.