OPTIMALISASI PRODUK UMKM DI DESA TAMAN AYU MELALUI INOVASI PENGEMASAN DAN PENINGKATAN NILAI GUNA PEMASARAN
Kata Kunci:
Optimalisasi, Inovasi Pengemasan, Nilai Guna PemasaranAbstrak
Desa Taman Ayu merupakan salah satu Desa dari 14 (empat belas ) Desa yang ada di Kecamatan Gerung yang berjarak 10 km dari Pusat Pemeritahan Kecamatan dan 11 km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Lombok Barat. Desa Taman Ayu memiliki 8 dusun. Di Desa Taman Ayu terdapat beberapa indrustri rumahan, dua diantaranya ialah Usaha Kecil Menengah (UKM) Tortilla Rumput Laut “Puri Ayu Food” Dan Kripik Talas “Kripik Inaq Saptini”. Metode pelaksanaan kegiatan melalui observasi dan wawancara di gunakan peneliti untuk mengumpulkan data UKM dan mengidentifikasi permasalahan pada setiap UKM, Adapun permasalahannya ialah Pemasaran produk krupuk dan kripik masih terbatas di warung-warung, sekolah terdekat dan di sekitar desa taman ayu. Selanjutnya dilaksanakannya kegiatan sosialiosasi dan pelatihan, packing, branding dan sertifikasi halal produk UMKM. Kegiatan sosialiasi dan pelatihan, packing, branding dan sertifikasi halal produk UMKM yang dilakukan, dihadiri oleh seluruh UKM yang ada di desa Taman Ayu, kepala dusun dan mendatangkan pemateri dari balai kemasan NTB. Pengemasan dilakukan dengan menggunakan kemasan standing pouch. Penggunaan kemasan ini digunakan untuk memastikan produk dapat bertahan dalam waktu yang lama dan dapat terjaga sterilisasinya sehingga rasa dan tekstur dari produk tetap terjaga. Sedangkan Kegiatan pemasaran produk UKM Puri Ayu Food dan Kripik Inaq Saptini dipasarkan melalui sosial media (online) dan membuka stand (offline).