PENGEMBANGAN KEMASAN GULA GENDING UNTUK MENARIK MINAT MASYARAKAT YANG MENCAKUP RUANG LINGKUP PEMASARAN DI DESA KEMBANG KERANG DAYA, AIKMEL, LOMBOK TIMUR
Kata Kunci:
Desa Kembang Kerang Daya, Usaha, Gula Gending, Kemasan, LogoAbstrak
Desa Kembang Kerang Daya memiliki potensi yang besar dalam sektor usaha dengan adanya Gula Gending. Adapun permasalahan sektor usaha yang ada di Desa Kembang Kerang Daya terkait Gula Gending antara lain adalah sulitnya proses pembuatan, tidak adanya kemasan produk, serta lingkup pemasaran yang terbatas. Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pengabdian dalam menyelesaikan salah satu dari persoalan-persoalan yang disebutkan sebelumnya, yaitu kemasan produk. Metode yang digunakan dalam proses pelaksanaan kegiatan oleh tim KKN Tematik Universitas Mataram adalah metode survei dengan beberapa program yang diusulkan, di antaranya adalah pembuatan kemasan dan logo produk. Metode pelaksanaan meliputi menentukan tujuan, observasi, kajian pustaka, persiapan, serta pelaksanaan kegiatan dengan melibatkan masyarakat yang menjadi pembuat sekaligus penjual Gula Gending dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan menggunakan instrumen pengumpulan data. Hasil yang diperoleh adalah terciptanya kemasan praktis dan logo untuk produk Gula Gending. Selain itu, kelompok KKN juga menghadirkan kemasan untuk kain tenun, ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan melaksanakan kegiatan mengajar di SDN 2 Kembang Kerang Daya dan mengadakan program rumah belajar, membuat tempat pembuangan sampah, mengikuti kegiatan posyandu, dan menanam pohon. Hasil kegiatan di atas menunjukkan bahwa kegiatan KKN ini telah mampu menjawab beberapa permasalah yang ada di Desa Kembang Kerang Daya terkait usaha mandiri serta pengembangan potensi-potensi yang ada di bidang pendidikan, perkebunan, dan kesehatan.