PENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK KERIPIK PISANG UMKM DESA LABUAN PANDAN MELALUI PERBAIKAN KEMASAN DAN TARGET PASAR
Kata Kunci:
UMKM, Perekonomian, Keripik pisang, Pemasaran, KemasanAbstrak
Desa Labuan Pandan merupakan desa yang memiliki keindahan alam dan sumber daya alam yang melimpah, namun permasalahan sumber daya manusia sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada umumnya disebabkan oleh rendahnya keterampilan dan pengalaman, serta akses ke informasi yang masih sangat terbatas. Oleh karena itu dengan adanya UMKM keripik yang bernama “Keripik Idaman” dapat membantu perekonomian warga, dengan memanfaatkan hasil alam yang ada pada Desa Labuan Pandan. Prosedur pengolahan keripik pisang terdiri dari beberapa kegiatan meliputi penyiapan bahan baku, penyiapan peralatan dan kemasan, pengupasan dan pengirisan pisang, pencucian dan perendaman pisang, penggorengan pisang dan penirisan minyak, pengemasan dan pelabelan keripik pisang, serta penyimpanan Keripik pisang. Dengan pengolahan dan pemasaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kualitas maupun nilai jual pada Keripik Idaman tersebut. UMKM ini sendiri merupakan salah satu jenis usaha kecil yang sangat berperan dalam peningkatan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat dalam arti memberikan kontribusi bagi penciptaan lapangan kerja.