STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING
Kata Kunci:
Sosialisasi, Desa Rumbuk, Pengemasan, Digital MarketingAbstrak
Desa Rumbuk merupakan salah satu daerah di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur yang dikenal sebagai penghasil ikan. Rata-rata mata pencaharian penduduk Desa Rumbuk sebagai pedagang. Desa Rumbuk juga memiliki beberapa UMKM yang cukup aktif dibeberapa bidang seperti kuliner, aksesoris, dan lain-lain. Hasil observasi pada beberapa UMKM di desa Rumbuk mempunyai keluhan yang sama yaitu kendala pada kemasan dan pemasaran. Kondisi ini mendorong tim KKN-T desa Rumbuk mengadakan sosialisasi yang memotivasi pelaku UMKM memberikan pengemasan pada produk dan menggunkan digital marketing dalam pemasaran produk. Sosialisasi ini diharapkan mengubah pandangan pelaku UMKM dalam pemasaran produk sehingga meningkatkan nilai jual produk.