STRATEGI PENGEMBANGAN DAN PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI DIGITAL MARKETING

Penulis

  • Fitrah Malik Program Studi Fisika, FMIPA
  • Syifa’ Aidia Program Studi Matematika, FMIPA
  • Dinda Larasati Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian
  • Denda Wiyana Putri Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pangan
  • Dian Kusuma Negara Program Studi Peternakan Fakultas Peternakan
  • Eva Kartika Dewi Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum
  • Raudiatuzzakrah Raudiatuzzakrah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP
  • Achmad Gani Sugandi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP
  • Ashabul Yamin Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP
  • Zain Yasmin Kartika Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP

Kata Kunci:

Sosialisasi, Desa Rumbuk, Pengemasan, Digital Marketing

Abstrak

Desa Rumbuk merupakan salah satu daerah di Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur yang dikenal sebagai penghasil ikan. Rata-rata mata pencaharian penduduk Desa Rumbuk sebagai pedagang. Desa Rumbuk juga memiliki beberapa UMKM yang cukup aktif dibeberapa bidang seperti kuliner, aksesoris, dan lain-lain. Hasil observasi pada beberapa UMKM di desa Rumbuk mempunyai keluhan yang sama yaitu kendala pada kemasan dan pemasaran. Kondisi ini mendorong tim KKN-T desa Rumbuk mengadakan sosialisasi yang memotivasi pelaku UMKM memberikan pengemasan pada produk dan menggunkan digital marketing dalam pemasaran produk. Sosialisasi ini diharapkan mengubah pandangan pelaku UMKM dalam pemasaran produk sehingga meningkatkan nilai jual produk.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-08