STRATEGI PEMASARAN MELALUI INOVASI PENGEMASAN PRODUK USAHA ROTI GUBUK MASYARAKAT DESA RUMAK

Penulis

  • Mutia Jayeswari Universitas Mataram
  • Hilya Sholihah Satriy Universitas Mataram
  • Reza Apriandi Universitas Mataram
  • Rieke Oktavia Fanfiana Universitas Mataram
  • Hardiana Oktaviani Universitas Mataram
  • Ichwanudin Mudhakir Universitas Mataram
  • Ni Kadek Sintia Ari Sabel Universitas Mataram
  • Eza Insan Pratama Universitas Mataram
  • Tilly Ayezah Universitas Mataram

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Inovasi Pengemasan, Produk Usaha Roti Gubuk

Abstrak

Telah dilakukan inovasi pengemasan produk dari usaha roti gubuk masyarakat di Desa Rumak yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa KKN Universitas Mataram yang dilaksanakan dari bulan Desember 2022 sampai dengan Februari 2023. Usaha ini dilakukan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan pemasaran produk roti gubuk untuk membangkitkan kembali usaha tersebut yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami kelesuan, baik dalam hal pemasaran maupun jumlah pengusaha roti gubuk. Adapun beberapa langkah-langkah yang telah dilakuan diantaranya yaitu kegiatan koordinasi bersama masyrakat, sosialisasi dengan pihak balai kemasan provinsi Nusa Tenggara Barat, kegiatan pengemasan, kegiatan pemasaran yang meliputi sales promotion, online marketing dan mouth marketing. Kemudian kegiatan terakhir yaitu berupa tindak lanjut atau kegiatan monitoring terhadap produk. Diantara beberapa strategi yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Terpadu Universitas Mataram adapun dampak atau hasil yang didapatkan dari pelaksanaan kegiatan yaitu meningkatkan daya saing pemasaran untuk produk roti gubuk salah satunya dengan melalui media online atau beberapa  pihak swalayan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-06-07