PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL DI PULAU MADURA
Keywords:
pendidikan, pesantren, kearifan lokal, Pulau MaduraAbstract
Pendidikan pada manusia sejatinya terdapat akan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus dimiliki. Melalui proses belajar manusia dapat mengembangkan kompetensi dalam dirinya kearah yang lebih baik. Pendidikan di Pulau Madura saat ini juga berkembang, tersedianya lembaga pendidikan formal dan non formal semakin bertambah di era saat ini. Lembaga pendidikan pesantren banyak di temui di Pulau Madura yang memadukan pendidikan formal beserta non formal. Adanya pendidikan pesantren sudah menerapkan pembelajaran masa kini dan masa silam juga tidak ditinggalkan. Pondok pesantren Miftahul Ulum Pamekasan di Madura sudah mengimplementasikan integrasi pembelajaran antara yang modern dan tradisional. Pendidikan pesantren di Miftahul Ulum melestarikan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Artinya pembelajaran yang dijalankan masih terdapat muatan-muatan lokal yang terus dilestarikan disaat bermunculan muatan-muatan mata pelajaran yang baru di lingkungan pendidikan. Penelitian ini dilakukan di Pondok pesantren Miftahul Ulum Pamekasan. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik penelitian berbentuk purposive sampling. Pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Tekhnik analisis data menggunakan beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya temuan pendidikan pesantren Miftahul Ulum terbagi kedalam pendidikan diniyah dan pendidikan sekolah yang memiliki kurikulum yang berbeda. Pendidikan pesantren sudah menerapkan pembelajaran yang modern dan tetap melestarikan pendidikan berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Pendidikan pesantren menerapkan pendidikan dari generasi ke generasi dengan menjaga pewarisan tradisi. Pendidikan pesantren juga membedakan pendidikan santri bagi laki-laki dan perempuan dalam proses pembelajaran.