PENGEMBANGAN PENDIDIKAN SOSIOLOGI TERHADAP PEMAHAMAN MULTIKULTURAL DI SEKOLAH: ANALISIS BIBLIOMETRIK DENGAN VOSVIEWER DAN RSTUDIO

Authors

  • Muhammad Rizaldy Rizal Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Pendidikan Sosiologi, Masyarakat Multikultural, Vosviewer, Biblioshiny

Abstract

Pendidikan biasanya dikaitkan dengan kesempatan dan pengalaman pendidikan yang diberikan kepada siswa dengan berbagai latar belakang seperti ras, etnis, budaya dan kelas sosial, Faktanya,pendidikan multikultural, seperti yang umumnya dipahami dan dipraktikkan. Implikasi bagi pendidikan di balik kompleksitas multikulturalisme sebagai sebuah konsep telah menuntut perlunya bergerak menuju pendidikan yang berorientasi pada keadilan sosial. Jenis tulisan yang digunakan dalam artikel ini menggunakan pendekatan analisis bibliometrik. Artikel ini mengkaji dampak Pendidikan sosiologi terhadap pemahaman multikultural disekolah dari basis data scopus antara tahun 1979-2022 Untuk mendukung ketegasan dan efektivitas pendidikan multikultural, kemitraan dengan masyarakat luas melengkapi koherensi pendekatan ini. Perlu diterapkan norma dan standar yang sesuai dengan pendidikan multikultural untuk membentuk budaya sekolah yang mendukung keberagaman. Norma dan standar Metode yang konsisten ini selaras dengan pendidikan multikultural harus diterapkan untuk membentuk budaya sekolah yang mendukung keberagaman. Konteks guru dalam keseharian mampu menjadi pendorong siswa agar tidak terlepas dari kaidah yang berlaku dengan mencontohkan kepada siswa bagaimana cara hidup dimasyarakat yang heterogen dan homogen di tengah kemajuan teknologi. 

Downloads

Published

2023-12-12

Issue

Section

Articles