PEREMPUAN MADURA DAN MOBILITAS SOSIAL
Studi tentang Mobilitas Sosial Perempuan Madura melalui Pengembangan Bisnis Kuliner Makanan Tradisional di Madura
Keywords:
Perempuan Madura, Mobilitas Sosial, Pengembangan Bisnis KulinerAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang aktivitas Perempuan Madura dalam mengelola Bisnis Kuliner Makanan Tradisional yang telah mengakibatkan perubahan dalam bentuk mobilitas sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui data primer yang diambil dari wawancara dan observasi. Data sekunder didapatkan melalui jurnal, artikel, buku dan sumber lainnya. Penelitian dilakukan di Madura, dengan subyek penelitian adalah pemilik dari Warung Bebek Sinjay, Kaldu Kokot Al Ghozali dan Rujak Bu Ponok yang dikelola. Penelitian menggunakan pendekatan rasionalitas Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, aktivitas mengelola makanan merupakan kebiasaan bagi perempuan Madura seiring dengan posisi perempuan ada di ranah domestik. Kedua, Persoalan ekonomi keluarga telah mendorong perempuan mentransformasikan makanan rumahan menjadi kuliner yang diperdagangkan. Ketiga, Perempuan Madura dengan keuletan, ketrampilan dan kepemimpinannya telah mengantarkan bisnis kulinernya berhasil dengan ditandai perkembangan pendapatan hingga dibukanya banyak cabang, penguatan ekonomi keluarga. Keempat berkembangnya bisnis kuliner Perempuan Madura mengakibatkan adanya mobilitas ekonomi dan sosial bagi perempuan dan keluarga.