STRATEGI KESANTUNAN PENGAJAR DALAM MENDUKUNG PELATIHAN BERBAHASA ASING BAGI POKDARWIS DESA WISATA TISTA TABANAN

Authors

  • Anak Agung Ayu Dian Andriyani Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ida Ayu Putri Gita Ardiantari Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Made Dwi Puspitawati Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Dewa Gede Agung Pandawana Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Frumentius Adrianus Arve Universitas Mahasaraswati Denpasar

Keywords:

strategi kesantunan, pelatihan berbahasa, POKDARWIS, Desa Tista

Abstract

Pelatihan berbahasa merupakan kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa asing yang diperuntukkan bagi kelompok sadar wisata. Peran mengajar sangat pentinh agar tujuan dan harapan pelatihan dapat terwujud. Diperlukan adanya srategi kesantunan yang tepat. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan srategi kesantunan yang digunakan sebagai media interaksi saat memberikan pelatiahn bagi POKDARWIS di Desa Tista Kecamatan Kerambitan Tabanan. Jenis data berupa data primer menggunakan sumber data lingual yang diperoleh dari tuturan antara pengajar dan peserta pelatihan. Tahap pemerolehan data diperoleh melalui metode simak, catat dan rekam serta ditunjang oleh hasil wawancara terhadap pengajar dan peserta pelatihan. Metode yang digunakan  dalam analisis data yaitu metode padan pragmatik yang memfokuskan mitra tutur. setelah data dianalisis, dilanjutkan dengan mendeskripsikan hasil analisis menggunakan kaidah  perumusan kata-kata biasa. Hasil penelitian menemukan adanya srategi kesantunan yang dominan digunakan oleh pengajar ketika memberikan pelatihan yaitu, a). strategi bertutur apa adanya tanpa basa-basi. b) strategi bertutur dengan menggunakan kesantunan positif. c) strategi bertutur menggunakan kesantunan negatif serta d) strategi bertutur dengan bertutur secara tidak langsung yang ditentukan oleh konteks situasi tutur diantara pengajar dengan peserta. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan rekomendasi bagi pengajar dalam memberikan pelatihan agar bisa berterima dan mudah dipahami oleh peserta pelatihan yang sistem pengajarannya berbeda dengan situasi pendidikan formal.

Downloads

Published

2024-03-30