PENINGKATAN KEMAMPUAN PROMOSI PARIWISATA MELALUI PELATIHAN PERSONAL BRANDING BAGI MASYARAKAT DESA KUTA MANDALIKA

Authors

  • Eka Putri Paramita,SP.,MA Universitas Mataram
  • I Wayan Suadnya Universitas Mataram

Abstract

Perkembangan pariwisata menjadi sebuah fenomena yang sangat menjanjikan bagi perekonomian masyarakat. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan disinyalir mampu meningkatkan pula pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan. Guna mewujudkan tingginya tingkat kunjungan pariwisata ini, sangat dibutuhkan adanya kegiatan promosi pariwisata. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenalkan atau mensosialisasikan pariwisata dan kebudayaan di daerah pariwisata, seperti yang terjadi di Desa Kuta Mandalika, NTB. Oleh sebab itu kemampuan berinteraksi sangat penting dalam kegiatan ini. interaksi yang meliputi penyampaian pesan ataupun informasi pariwisata kepada publik. Dan sebaiknya tidak hanya dilakukan oleh beberapa pihak, namun melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Dengan pelibatan masyarakat secara berkelanjutan diharapkan akan dapat menyelaraskan antara perkembangan budaya pariwisata global dan ketahanan kearifan lokal budaya. Keselarasan kedua hal ini perlu untuk dijaga guna menciptakan branding pariwisata yang tidak melupakan nilai original daerah pariwisata di desa kuta, mandalika. Namun, pada nyatanya, hingga saat ini banyak masyarakat yang semakin mengarah kepada budaya global.hal ini terlihat dari cara mempromosikan pariwisata yang tercermin melalui cara berpakaian, bertingkah laku, bahkan berbahasa. Sehingga untuk menangkal keadaan ini, sangat dibutuhkan adanya strategi membangun personal branding. Dengan pembentukan personal branding sumber daya masyarakat daerah pariwisata desa kuta Mandalika, diharapkan akan mampu menyelaraskan antara perkembangan pariwisata global dan kearifan lokal budaya. Membangun personal branding dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari – hari dan juga dapat melalui media digital. Pentingnya kegiatan ini adalah untuk membentuk keselarasan antara perkembangan pariwisata global dan juga kearifan lokal budaya masyarakat.

 

Kata kunci: Promosi pariwisata, personal branding, masyarakat wisata

Downloads

Published

2024-01-03

Issue

Section

Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat di Era Digital