Membangun Citra Positif Sekolah Melalui Pengembangan Budaya Literasi Informasi di SMPN 5 Masbagik Lombok Timur

Authors

  • Sava Arcadia Rousanfikr Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Mataram, Mataram
  • Aurelius Rofinus Lolong Teluma Universitas Mataram

Keywords:

Budaya literasi, citra positif, sekolah, Kampus Mengajar, Lombok Timur

Abstract

Artikel ini melaporkan dan membahas kegiatan pengembangan citra positif sebuah institusi pendidikan melalui budaya literasi informasi yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan tim Kampus Mengajar Batch 7 di SMPN 5 Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Budaya literasi tidak hanya melibatkan kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga pemahaman, interpretasi, dan analisis informasi. Dengan literasi yang baik, siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kemampuan komunikasi, dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi. Budaya literasi informasi dapat menciptakan lingkungan akademis yang positif, meningkatkan prestasi siswa, memperkuat keterlibatan komunitas sekolah, dan membangun kepercayaan diri siswa. Selain itu, budaya literasi juga menunjukkan komitmen sekolah terhadap pengembangan holistik siswa. Implementasi program literasi di SMPN 5 Masbagik oleh tim Kampus Mengajar Batch 7 menunjukkan dampak positif pada minat baca dan keterampilan literasi siswa, serta peningkatan motivasi belajar. Artikel ini juga memberikan rekomendasi untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan program literasi melalui konsistensi pelaksanaan, kolaborasi dengan dinas perpustakaan, dan pengembangan program literasi yang inovatif. Dengan upaya berkelanjutan dalam mempromosikan literasi, sekolah dapat memperkuat reputasinya dan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, menjadikan sekolah sebagai komunitas yang menginspirasi dan mendukung pertumbuhan siswa secara holistik.

Downloads

Published

2024-12-15

Issue

Section

Komunikasi, Digitalisasi dan Pembangunan Berkelanjutan