PENGEMBANGAN AGROWISATA KAMPUNG COKLAT SENARA KABUPATEN LOMBOK UTARA MELALUI PENGUATAN DIGITAL MODAL SOSIAL
Keywords:
modal social, digital, kampung coklat, agrowisata, LombokAbstract
Agrowisata Kampung Coklat Senara telah dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Lombok Utara. Dukungan sarana, prasarana dan pelatihan teknis sudah diberikan oleh berbagai instansi terkait untuk meningkatkan jumlah dan kualitas produksi. Namun kunjungan wisatawan dan pemasaran hasil produksi coklat belum mengalami stagnasi. Setelah dilakukan wawancara dengan pengelola agrowisata Kampung Coklat Senara diketahui bahwa salah satu penyebabnya adalah masih kurangnya kunjungan wisatawan yang disebabkan masih kurang dikenalnya agrowisata tersebut. Mencermatimasalah tersebut tim pengabdian Prodi Ilmu Komunikasi menawarkan solusi pemanfaatan Digital modal social untuk meningkatkan usaha agrowisata Kampung Coklat. Pengabdian dilaksanakan dengan pendekatan Pendidikan orang dewasa dan action learning. Kegiatan pengabdian diikuti oleh 19 peserta anggota kelompok Kampung Coklat. Hasil pengabdian menunjukan bahwa para peserta sebelum pelatihan telah menggunakan media social namun belum memanfaatkannya secara intensif untuk pengelolaan, pemasaran dan promosi Agrowisata Kampung Coklat Senara. Setelah mengikuti pelatihan yang dilakukan oleh tim pengabdian Prodi Ilmu Komunikasi Unram, pengelola merasa lebih konfiden dan menyatakan akan lebih mengintensifkan penggunaan media social untuk membangun jaringan dan pemasaran serta promosi produk agrowisata.