PENDEKATAN DIPLOMASI KEBUDAYAAN VARIATIF-KOLABORATIF OLEH AKTOR NON NEGARA: PROGRAM EDUKATIF PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) KEPADA MAHASISWA THAILAND DI UNIVERSITAS WALAILAK

Authors

  • Muh Reyhan Firdiansyah Universitas Mataram
  • Ridho Ridho Al Arsiy Universitas Mataram
  • Baiq Devi Cahyani Rasanjani Universitas Mataram
  • Syaiful Anam Universitas Mataram

Keywords:

BIPA, Diplomasi Kebudayaan, Aktor non-negara, Indonesia-Thailand ABSTRACT

Abstract

Artikel ini membahas pendekatan diplomasi kebudayaan yang dilakukan oleh aktor non-negara melalui programpengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) kepada mahasiswa Thailand. Diplomasi kebudayaan Indonesia memanfaatkan bahasa sebagai instrumen untuk memperkenalkan budaya Indonesia dan meningkatkan daya tawar negara di mata internasional. Program BIPA dilaksanakan dengan metode variatif dan kolaboratif, termasuk sosialisasi, pelatihan, dan kegiatan kebudayaan. Pelaksanaan program ini melibatkan 200 mahasiswa dengan fokus pada pengajaran Bahasa Indonesia tingkat dasar (A1) selama 1,5 bulan.

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Komunikasi dan Pemberdayaan Masyarakat di Era Digital