PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA MAHASISWA FMIPA UNIVERSITAS MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.29303/saintek.v6i1.943Keywords:
Multirepresentasi ilmiah, deskripsi konsep, interpretasi konsepAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan suatu strategi perkuliahan yang berbasis multirepresentasi ilmiah, baik itu berupa gambar- diagram, grafik, tabel, ataupun persamaan-persamaan matematik. Pada strategi perkuliahan ini dikembangkan dua model, yaitu pertama menginterpretasi representasi ilmiah yang diberikan sehingga menjadi konsep fisika yang bermakna, dan yang kedua kebalikannya yaitu mendeskripsikan konsep ke dalam representasi ilmiah yang diminta. Kedua model strategi ini dipercaya dapat menguatkan penguasaan konsep fisika mahasiswa secara lebih mendalam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design, disertai pemberian pretest dan posttest. Hasil yang diperoleh adalah bahwa peningkatan hasil belajar yang terjadi pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan peningkatan pada kelompok kontrol. Setelah diuji dengan uji perbedaan rerata pada nilai gain scorenya, diperoleh perbedaan yang cukup signifikan antara peningkatan yang terjadi pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Artinya bahwa strategi perkuliahan berbasis multirepresentasi ilmiah mampu meningkatkan penguasaan konsep fisika mahasiswa secara signifikan. Secara umum, respon mahasiswa terhadap strategi perkuliahan berbasis multirepresentasi ilmiah dalam kategori cukup baik.