PENGEMBANGAN BENTUK PRODUK JAMU SEDIAN KAPSUL DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DI KELOMPOK TANI AENG LESTARI
DOI:
https://doi.org/10.29303/saintek.v7i1.3428Keywords:
Atribut kebutuhan, Jamu, Voice of CustomerAbstract
Quality Function Deployment merupakan sistem bagi desain barang atau jasa yang dilaksanakan berdasarkan keinginan dan pendapat konsumen. voices of the Customers (VOC) menjadi penting karena merepresentasikan apa yang diinginkan konsumen VOC memberikan arti penting dalam perusahaan untuk mengembangkan produk yang sudah mapan, produk baru ataupun produk terobosan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan produk jamu ratoh sedian dalam bentuk kapsul dengan memperhatikan suara konsumen (Voice of Customer). Meningkatnya minat masyarakat terhadap produk herbal yang berkualitas. Peningkatan penjualan pada pandemi covid-19 juga membuat masyarakat semakin mengenal untuk menggunakan obat herbal sebagai upaya menjaga daya tahan tubuh. Metode yang digunakan dalam pengembangan produk meliputi survei dan kuesioner yang melibatkan 72 responden untuk menentukan atribut kebutuhan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima atribut kebutuhan primer dan sekunder yang penting dalam pengembangan produk. Atribut kebutuhan konsumen sekunder pada atribut warna yaitu warna kuning pemilih sebanyak 47 responden. Atribut bentuk yang memiliki nilai tertinggi adalah bentuk kapsul, dengan harga Rp.11.000 – Rp. 15.000. Kesimpulan dari kegiatan ini menegaskan pentingnya mendengarkan masukan dan kritik dari konsumen untuk menciptakan produk yang sesuai dengan harapan konsumen dengan, memahami kebutuhan konsumen, diharapkan produk jamu ratoh bersaing di pasar dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.