ANALISIS AERODINAMIKA DAN GAYA PADA MOBIL LISTRIK HIMPUNAN TEKNIK MESIN FT UNRAM DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)
DOI:
https://doi.org/10.29303/saintek.v7i1.3425Keywords:
Aerodinamika, Coefficient drag, Drag force, Lift force, CFDAbstract
Karakteristik aerodinamis kendaraan berhubungan dengan laju atau kecepatan kendaraan, semakin aerodinamis suatu kendaraan maka gerak kendaraan tersebut semakin lancar atau tidak terhambat oleh angin. Jika suatu kendaraan tidak aerodinamis maka akan mengakibatkan kinerja mesin semakin berat dan konsumsi bahan bakar semakin banyak. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi aerodinamis kendaraan adalah dengan memodifikasi kap panel depan mobil. Modifikasi ini dilakukan dengan cara merubah besar sudut kap panel depan mobil menjadi 30o, 35o, 40o, dan 45o. dengan kecepatan mobil mulai dari 20 km/jm, 40 km/jm, 80 km/jm, 120 km/jm, 140 km/jm. Penelitian ini dilakukan pada mobil listrik FT Unram. Metode yang dilakukan adalah komputasi dengan cara membuat desain mobil pada autodesk inventor lalu mengimpor desain ke software AnsysR22 kemudian membuat dan mengatur mesh, memilih solver execution, pengaturan refort plot dan jumlah iterasi, running dan simulation result. Hasilnya, nilai CD terbesar berada sudut 30o pada kecepatann 80 km/jam sebesar 0,509. Sementara nilai CD terendah sudut 40o dengan kecepatan 30 km/jam. Semakin kecil CD yang didapat maka bentuk kendaraan dapat dikatakan semakin efisien. Dari penelitian ini CL yang terkecil berada pada modifikasi sudut panel kap mobil 40o dengan kecepatan 40 km/jam sebesar 0,933 sementara yang terbesar diperoleh pada sudut panel kap mobil 45o pada kecepatan 80 km/jam sebesar 1,082.