LOKAKARYA SELUK-BELUK AUDITORY PRAGMATIC UNDERSTANDING BERSAMA GURU-GURU BAHASA INGGRIS

Authors

  • Arifuddin Arifuddin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Lalu Nurtaat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Amrullah Amrullah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Ahmad Zamzam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram
  • Arafiq Arafiq Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram

Keywords:

listening, kemampuan menyimak, exposure, TOEFL

Abstract

Listening masih menjadi sebuah keterampilan berbahasa Inggris yang sulit, baik siswa, mahasiwa maupun bagi guru Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris yang belum memberi perhatian yang cukup pada penyebab kesulitan siswa atau mahasiswa boleh jadi berkontribusi pada masih rendahnya kemampuan menyimak (listening skills) berbahasa Inggris. Hasil beberapa penelitian dan keluhan beberapa guru Bahasa Inggris memperkuat dugaan tersebut. Selain itu, kesempatan bagi siswa atau mahasiswa untuk melakukan praktek langsung di lapangan (exposure) dan tidak adanya matakuliah TOEFL dalam struktur kurikulum membuat mahasiswa sangat terbatas kesempatannya untuk berlatih meningkatkan keterampilan menyimak. Kegiatan ini bertujuan ialah memberikan pengetahuan dan bimbingan tambahan melalui lokarya seluk-seluk kesulitan menyimak untuk meningkatkan keterampilan menyimak (Listening ability) kepada guru-guru bahasa Inggris. Kegiatan sudah dilaksanakan secara tatap muka (luring) tanggal 22 Juni 2023 di SMK Taruna Bangsa Lombok Timur melalui sosialisasi, FGD dan latihan. Kegiatan ini menghasilkan luaran: 1) Pemahaman dan wawasan yang lebih luas mengenai problema listening dan faktor-faktor penyebab kesulitan dan solusinya dan 2) Artikel hasil pengabdian kepada Masyarakat paling lambat 1 tahun setelah kontrak berakhir. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berjalan dengan sangat lancar dan mendapat respon yang sangat tinggi dari khalayak sasaran.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Arifuddin, A., Nurtaat, L., Amrullah, A., Zamzam, A., & Arafiq, A. (2023). LOKAKARYA SELUK-BELUK AUDITORY PRAGMATIC UNDERSTANDING BERSAMA GURU-GURU BAHASA INGGRIS. Prosiding PEPADU, 5(1), 443–447. Retrieved from https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/731