SOSIALISASI PENTINGNYA MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR DI SDN 8 CAKRANEGARA

Authors

  • Darmiany Darmiany PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Nurhasanah Nurhasanah PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Khairun Nisa PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • I Nyoman Karma PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Iva Nurmawanti PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Keywords:

kurikulum merdeka, modul ajar, sekolah dasar

Abstract

Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk membekali guru tentang pemahaman terkait modul ajar. Hal ini dapat menunjang profesionalisme guru dalam mengajar di kelas. Permasalah yang saat ini terjadi guru masih mengalami kebingungan dalam menyusun modul ajar. Guru belum pernah mengikuti pelatihan atau semacamnya karena guru diberikan kebebasan secara Merdeka untuk mencari tahu sendiri pada platform Kurikulum Merdeka yang telah disediakan oleh pemerintah. Pengabdian dilaksanakan di SDN 8 Cakranegara dan diikuti oleh 15 guru dan kepala sekolah. Motede dalam sosialisasi ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun hasil yang diperoleh guru sangat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi dan sekitar 80% guru dapat memahami materi yang di sampaikan pemateri.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Darmiany, D., Nurhasanah, N., Nisa, K., Karma, I. N., & Nurmawanti, I. (2023). SOSIALISASI PENTINGNYA MODUL AJAR PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR DI SDN 8 CAKRANEGARA. Prosiding PEPADU, 5(1), 274–277. Retrieved from https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/697