SOSIALISASI PENDIDIKAN BERKUALITAS BAGI PEKERJA ANAK DI SDN 3 REMBITAN

Authors

  • Ni Made Novi Suryanti Pendidikan sosiologi, FKIP, Universitas Mataram
  • Hamidsyukrie ZM Pendidikan sosiologi, FKIP, Universitas Mataram
  • Hairil Wadi Pendidikan sosiologi, FKIP, Universitas Mataram
  • Nursaptini Nursaptini Pendidikan sosiologi, FKIP, Universitas Mataram

Keywords:

Urgensi, Pendidikan Berkualitas, Pekerja Anak

Abstract

Pendidikan terhadap anak bukan hanya tugas orangtua atau keluarga namun masyarakat juga memiliki andil. Banyak anak yang bekerja tidak memiliki kesempatan belajar di luar jam sekolah disebabkan mereka sibuk bekerja. Keadaan yang dialami pekerja anak tentu mempengaruhi perkembangan sosial, kepribadiannya dan kognitifnya. Oleh karena itu, perlu mendapatkan pendidikan berkualitas. Sosialisasi pendidikan berkualitas bagi pekerja anak di Sekolah sangat penting untuk dilakukan. Melalui kegiatan pengabdian pada masayarakat yang memberikan penjelasan dan pemahaman pentingnya Pendidikan berkualitas bagi pekerja anak. Tahapan yang digunakan dalam pengabdian ini meliputi persiapan yang dilakukan dengan koordinasi langsung dengan mitra untuk menyampaikan topik pengabdian dan menemukan kesepakatan pelaksanaan pengabdian. Setelah itu dilanjutkan dengan pelaksanaan yang diawali dengan pembukaan, pemaparan materi oleh narasumber, diskusi dan tanya jawab. Kemudian tahapan terakhir yaitu evaluasi, untuk mengukur keberhasilan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan penyusunan laporan pelaksanaann kegiatan secara keseluruhan. Pada pelaksanaan pengabdian pada masyarakat mitra mendapatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan bagi pekerja anak yang seharusnya didapatkan oleh anak-anak yang sekolah sambil bekerja, serta mitra mendapatkan pemahaman cara mensuport Pendidikan bagi pekerja anak.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Suryanti, N. M. N., ZM, H., Wadi, H., & Nursaptini, N. (2023). SOSIALISASI PENDIDIKAN BERKUALITAS BAGI PEKERJA ANAK DI SDN 3 REMBITAN. Prosiding PEPADU, 5(1), 87–92. Retrieved from https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/664