PENGENALAN KONSEP PEMBUKTIAN MATEMATIKA BERBASIS SKETSA GEOMETRI DI SMA NEGERI 1 PUJUT LOMBOK TENGAH

Authors

  • Bulqis Nebulla Syechah Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Mataram
  • Nuzla Af’idatur Robbaniyyah Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Mataram
  • Lailia Awwalushaumi Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Mataram
  • Muhammad Rijal Alfian Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Mataram
  • Syamsul Bahri Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Mataram
  • Salwa Salwa Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Mataram
  • Hikmal Maulana Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Mataram
  • Azka Fariz Program Studi Matematika, Fakultas MIPA Universitas Mataram

Keywords:

pembuktian matematika, sketsa geometri, pendidikan matematika, visualisasi

Abstract

Siswa kurang menaruh perhatian pada pelajaran matematika dikarenakan sulitnya mata pelajaran matematika dan kekurangtertarikan siswa terhadap mata pelajaran ini. Matematika dapat diubah menjadi pelajaran menarik salah satunya adalah dengan memperkenalkan metode visual atau gambar. Kegiatan kali ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu materi penting pada matematika, yaitu pembuktian matematika dengan metode visual. Kegiatan ini dilakukan di sekolah dengan peserta siswa dan beberapa guru. Konsep kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah dengan ceramah, diskusi dan tanya jawab soal yang dibahas. Hasil kegiatan ini diperoleh bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Penggunaan sketsa geometri terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep pembuktian matematika. Dengan visualisasi yang lebih konkret, siswa dapat lebih mudah menangkap esensi dari setiap langkah pembuktian. Sketsa geometri memungkinkan siswa untuk menghubungkan konsep abstrak dengan representasi visual, sehingga mengurangi tingkat kesulitan yang biasanya dihadapi dalam memahami pembuktian. Penggunaan sketsa geometri sebagai alat bantu visual berhasil mempermudah siswa dalam memahami konsep pembuktian yang sebelumnya dianggap abstrak dan sulit. Selain itu, metode ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan analitis siswa, memungkinkan mereka untuk berpikir lebih kritis dan sistematis dalam menyelesaikan masalah matematika

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Syechah, B. N., Robbaniyyah, N. A., Awwalushaumi, L., Alfian, M. R., Bahri, S., Salwa, S., Maulana, H., & Fariz, A. (2024). PENGENALAN KONSEP PEMBUKTIAN MATEMATIKA BERBASIS SKETSA GEOMETRI DI SMA NEGERI 1 PUJUT LOMBOK TENGAH. Prosiding PEPADU, 6(1), 298–302. Retrieved from https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/3247