PELATIHAN PENGGUNAAN PUSAT SUMBER BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS IT BAGI GURU SD DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Keywords:
pusat sumber belajar, pembelajaran matematika, media pembelajaran matematikaAbstract
Pusat Sumber Belajar (PSB) khususnya untuk pembelajaran matematika sangat penting bagi guru dan guru dapat memperoleh dukungan dan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas pengajaran matematika, merangsang minat peserta didik, dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan matematika di tingkat sekolah dasar. Namun, permasalahan yang ditemukan di sekolah dasar menunjukkan bahwa fasilitas sumber belajar yang dapat digunakan dan diakses guru masih terbatas serta penggunaan inovasi pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika yang digunakan guru juga masihlah terbatas. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melatih guru dalam menggunakan PSB matematika berbasis IT sehingga dapat digunakan guru dalam mengoptimalkan pembelajaran matematika. Target khusus yang ingin dihasilkan adalah optimalnya keterampilan guru dalam memafaatkan PSB Matematika yang telah disedian untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran matematika di kelas mereka. Metode yang digunakan meliputi diskusi, demonstrasi dan simulasi penggunaan PSB. Kegiatan ini dilaksanakan di SD gugus 10 Puyung dengan jumlah peserta sebanyak 18 guru SD. Evaluasi dilakukan melalui post-test dan angket. Evaluasi dan angket menunjukkan bahwa peserta (1) antusias, aktif, dan bersemangat mengikuti kegiatan, (2) mampu menggunakan dan mengoperasikan PSB matematika yang telah disediakan, (3) memberikan respon positif terhadap kebermanfaatan PSB dalam pembelajaran matematika dan sebagai media pembelajaran, dan (4) mampu menjawab soal post-test yang diberikan dengan benar. Pelatihan ini diharapkan memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas pembelajaran matematika di kelas sekolah dasar dan memperluas keterampilan guru dalam pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran matematika