PENERAPAN E-COMMERCE DAN CHATBOT WHATSAPP SEBAGAI RESPON ATAS KEBUTUHAN KONSUMEN SECARA ONLINE PADA KWT NINE SERU DI DESA LANTAN
Keywords:
Penerapan, E-Commerce, Chatbot WhatsApp, Kebutuhan Konsumen, OnlineAbstract
Kabupaten Lombok Tengah adalah Kabupaten dengan jumlah Industri Mikro Kecil (IMK) tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi NTB tahun 2020. Salah satu usaha mikro yang berada di Kabupaten Lombok Tengah dan dapat bertahan hingga saat ini adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Nine Seru. KWT Nine Seru merupakan kelompok masyarakat produktif yang bergerak dalam usaha pengolahan pangan industri rumah tangga. Masalah yang dihadapi KWT Nine Seru yakni keterbatasan akan pemahamannya terhadap teknologi digital. Penggunaan teknologi digital dapat sangat bermanfaat bagi KWT Nine Seru untuk merespon kebutuhan pelanggan secara online. Beberapa contoh perkembangan teknologi digital yang banyak diterapkan oleh masyarakat adalah e-commerce dan fitur chatbot WhatsApp (Wabot). Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terselenggaranya kegiatan sosialisasi dan pendampingan penerapan e-commerce dan chatbot WhatsApp sebagai respon atas kebutuhan konsumen secara online. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah sosialisasi dan pendampingan. Tahapan kegiatan dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan kegiatan, tahap monitoring dan evaluasi, serta tahap pelaporan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah adanya peningkatan pemahaman masyarakat tentang e-commerce dan Wabot serta prosedur pembuatannya. KWT Nine Seru telah memiliki akun e-commerce yang dapat digunakan untuk menjual dan mempromosikan produknya, serta Wabot yang telah aktif dan dapat merespon langsung pesan konsumen melalui aplikasi WhatsApp.