EVALUASI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PEALATIHAN KOMUNIKASI BISNIS DI SMK NEGERI 2 SEKOTONG
Keywords:
implementasi, CIPP, komunikasi bisnis, evaluasiAbstract
Evaluasi ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi mitra terhadap proses pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) oleh dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram melalui Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yang tidak memberikan perlakuan, manipulasi atau mengubah data pada variabel-variabel bebas, tetapi menggambarkan hasil evaluasi proses pelaksanaan kegiatan PkM oleh dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram melalui Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kepada siswa siswi SMK Negeri 2 Sekotong yang menjadi peserta kegiatan PkM dengan topik Pelatihan Komunikasi Bisnis. Hasil analisis data dapat mengidentifikasi hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan PkM oleh dosen Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram melalui Context, Input, Process, dan Product (CIPP). Berdasarkan hasil analisis data penelitian, maka diperoleh rata-rata pencapaian pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan persentase 83% termasuk dalam kategori Sangat Sesuai. Selanjutnya, hasil penelitian ini nantinya diharapkan dapat menjadi bahan kajian untuk menerapkan metode dan langkah-langkah yang tepat untuk meningkatkan kualitas pelaksanakan kegiatan PkM oleh dosen Prodi Ilmu Komunikasi khususnya dan Universitas Mataram umumnya melalui Context, Input, Process, dan Product (CIPP)