PRODUKSI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA PASERANG PARIRI PARADISE KABUPATEN SUMBAWA BARAT
Keywords:
Destinasi Wisata, Media Promosi, Pulau Paserang, Sumbawa BaratAbstract
Pulau Paserang Pariri Paradise merupakan salah satu objek wisata yang terdapat kawasan wisata Gili Balu, Poto Tano, Sumbawa Barat sebagaimana pulau Kenawa, yang dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bualawah. Namun, berdasarkan survey masih banyak masyarakat luar yang hanya mengetahui pulau Kenawa saja dibandingkan dengan pulau Paserang, bahkan hampir tidak ada yang pernah berkunjung. Ini disebabkan oleh pulau Paserang yang belum terpublikasi secara masif kepada masyarakat. Atas dasar tersebut, perlu diproduksi sebuah media promosi yang dapat dipublikasi ke berbagai platform khususnya digital, sebagai solusi untuk mempromosikan pulau Paserang kepada khalayak, agar mendatangkan lebih banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau Paserang. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah produksi media audio visual dengan melibatkan Pokdarwis Bualawah didalam produksi untuk menggambarkan keindahan alam pulau Paserang, serta pelayanan yang diberikan oleh Pokdarwis kepada wisatawan yang berkunjung. Proses produksi berlangsung dalam tahap perencanaan ialah mengumpulkan informasi, observasi pulau Paserang serta penyusunan script dan storyboard. Tahap pelaksanaan ialah pengambilan footage pulau Paserang. Tahap penyelesaian ialah proses editing video hingga utuh, sosialisasi hasil akhir video, serta evaluasi pelaksanaan kegiatan. Hasilnya, Pokdarwis Bualawah kini memiliki media audio visual yang dapat dimanfaatkan dan dipublikasikan pada berbagai platform digital untuk memperkenalkan pulau Paserang dan menambah wisatawan yang tertarik untuk berkunjung