SOSIALISASI PERAN DESTINATION MANAGEMENT ORGANIZATION (DMO) SEBAGAI PILAR SUSTAINABLE TOURISM DALAM PENGEMBANGAN SDGs DI KAWASAN TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI (TNGR)
Keywords:
Destination Management Organization (DMO), Sustainable Development Goals (SDGs), Community Development, SembalunAbstract
Pariwisata di Indonesia terutama di Kawasan Sembalun telah menunjukkan perkembangan pesat sebagai sektor yang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ekonomi lokal bahkan perekonomian nasional. Meski demikian, peningkatan kunjungan wisatawan telah menimbulkan tantangan serius terhadap keberlanjutan lingkungan dan budaya di Sembalun. Penelitian ini mengkaji peran strategis dari Destination Management Organization (DMO) Sembalun dalam mendukung pembangunan pariwisata berkelanjutan yang berfokus pada pencapaian SDGs. Melalui pendekatan community development, kegiatan ini melibatkan siswa SMAN 1 Sembalun dalam sosialisasi terkait peran DMO Sembalun dan Pemuda dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di Kawasan Sembalun. Kegiatan ini menunjukkan baha pemuda memiliki keterlibatan dalam pengelolaan pariwisata berkelanjutan yang dapat meningkatkan kesadaran dan kapasitas komunitas dalam menghadapi tantangan globalisasi. Analisis SWOT yang diterapkan dalam kegiatan ini juga mengidentifikasi potensi dan tantangan yang dihadapi oleh komunitas lokal, serta merumuskan strategi yang sesuai untuk pengembangan lebih lanjut. Oelh karena itu, DMO Sembalun memiliki peranan yang penting dalam mendorong partisipasi aktif masyarakat dan pemuda dalam upaya menjaga keberlanjutan pariwisata, yang tidak hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi tetapi juga pelestarian lingkungan di Kawasan Sembalun