PENINGKATAN DAYA SAING MINYAK KELAPA KWT AL-UMMAHAT MELALUI PENDAMPINGAN IZIN USAHA DAN DIVERSIFIKASI PRODUK
Keywords:
diversifikasi, minyak kelapa, sabun, VCOAbstract
Meningkatnya preferensi konsumen terhadap produk yang aman dan bersertifikat menjadi faktor penting dalam pembelian produk seperti kemasan, pelabelan, serta adanya izin usaha dan sertifikat produk. Kelompok Wanita Tani Al-Ummahat sebagai produsen minyak kelapa di Desa Lendang Nangka telah berupaya meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan melalui perbaikan kualitas dari segi kemasan dan pelabelan produk. Namun demikian, upaya tersebut masih belum cukup dalam meningkatkan daya saing produk itu sendiri pada pasar yang lebih luas. Oleh sebab itu, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan diversifikasi produk berbahan baku minyak kelapa melalui dan pendampingan izin usaha guna meningkatkan daya saing. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan secara aktif partisipatif oleh tim pengabdian dan mahasiswa Program Studi Agribisnis bersama anggota KWT Al-Ummahat. Kegiatan dilaksanakan selama empat bulan (Maret-Juni) berlokasi di Sekretariat KWT Al-Ummahat Desa Lendang Nangka Kabupaten Lombok Timur. Luaran kegiatan ini yaitu 1) adanya inovasi produk berbahan baku minyak kelapa yaitu sabun kelapa dan virgin coconut oil (VCO), 2) terbitnya No. PIRT untuk produk Minyak kelapa dan VCO, dan 3) Label pada kemasan minyak kelapa dan VCO telah ditambahkan dengan No. PIRT pada masing-masing produk. Selanjutnya, anggota KWT Al-Ummahat diharapkan dapat melakukan intensifikasi pemasaran lebih lanjut terhadap produk yang dihasilkan