WORKSHOP STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 7 PEMENANG BARAT KABUPATEN LOMBOK UTARA

Authors

  • Ilham Handika Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram
  • Ida Ermiana Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram,
  • Nurhasanah Nurhasanah Program Studi PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram

Keywords:

kurikulum merdeka, pembelajaran diferensiasi, sekolah dasar

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum teranyar yang dterapkan Kemdikbud pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah. Salah satu ciri khas dari kurikulum ini adalah penggunaan strategi pembelajaran berdiferensiasi dalam proses pembelajaran. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan guru mengenai pembelajaran terdiferensiasi, mempunyai pemahaman mengenai karakterstik keberagaman siswa sebagai tindak lanjut terhadap pemberian layanan belajar. Diharapkan guru mampu mendesaian pembelajaran terdiferensiasi dengan berbagai strategi kegiatan belajar siswa aktif. Pengabdian dilaksanakan di SDN 07 Pememnag Barat, Lombok Utara dan diikuti oleh 10 guru dan kepala sekolah. Metode dalam  kegiatan pelatihan ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun hasil yang diperoleh guru sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan dan sekitar 80% guru dapat memahami materi yang di sampaikan narasumber

Downloads

Published

2024-12-15

How to Cite

Handika, I., Ermiana, I., & Nurhasanah, N. (2024). WORKSHOP STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 7 PEMENANG BARAT KABUPATEN LOMBOK UTARA. Prosiding PEPADU, 6(1), 103–108. Retrieved from https://proceeding.unram.ac.id/index.php/pepadu/article/view/3201