PENGUATAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI PADA GURU MA-ALMUHLISIN, PARADORATO, BIMA
Keywords:
Penguatan, Model Pembelajaran, TeknologiAbstract
Penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran telah menjadi kebutuhan mendesak dalam dunia pendidikan saat ini. Yayasan Almuhlisin Paradorato menjadi salahsatu potret lingkungan pendidikan yang memerlukan update terhadap pelaksanaan pembelajarannya terutama pada aspek penggunaan teknologi dalam pembeajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk menguatkan model pembelajaran berbasis teknologi bagi para guru di MA Almuhlisin, Paradorato, Bima. Metode: Kegiatan ini mencakup pelatihan dan pengenalan dasar mengenai penggunaan perangkat lunak pendidikan, integrasi teknologi dalam kurikulum, serta pengembangan media pembelajaran interaktif. Melalui pendekatan partisipatif, guru-guru didorong untuk mempraktikkan secara langsung dan mengadaptasi teknologi dalam pembelajaran sehari-hari. Hasil: sosialisasi dan pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi akan memberikan pemahaman baru kepada guru tentang berbagai pilihan dalam penggunaan media pembelajaran. Dengan diberikannya pelatihan sekaligus memberikan ketrampilan baru kepada guru terutama ketrampilan dasar dalam menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi. Kesimpulan: Dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan teknologi secara efektif yang ditunjukan dari hasil nilai post test terhadap pretest, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Kesimpulan dari program ini bahwa Program penguatan ini tidak hanya memperkaya keterampilan guru, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap keterlibatan dan prestasi belajar siswa