MARKET DAY KEWIRAUSAHAAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BIMA
Keywords:
Kewirausahaan, Market DayAbstract
Pengangguran merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh setiap Negara berkembang termasuk Indonesia. Sulitnya mendapatkan pekerjaan dan tingginya angka pengangguran untuk masing-masing daerah diperlukan pendidikan kewirausahaan bagi peserta didik, karena berwirausaha dianggap sebagai salah satu solusi untuk mengatasi pertumbuhan pengangguran di era ini, untuk mendapatkan pekerjaan sebagai ASN saat ini sangat terbatas. Kewirausahaan merupakan sebuah sikap, pola pikir dan kapasitas untuk menciptakan sesutau yang baru yang sangat bernilai dan berguna baik bagi penciptanya maupun orang lain. Oleh karena itu jiwa kewirausahaan mahasiswa harus mulai dipupuk sejak ini agar mahasiswa dapat menciptakan produk dari potensi lokal daerah yang ada dan memasarkan produk yang dihasilkan kepada masyarakat baik secara online maupun secara offline. Kegiatan market day berfungsi melatih jiwa entrepreneur, memahami dunia bisnis, melatih kreatifitas dan inovasi pada peserta didik. Namun berwirausaha bukan hal yang mudah, oleh sebab itu diperlukan pendampingan tentang bagaimana berwirausaha bagi mahasiswa oleh dosen. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 28 sampai dengan 30 Juni 2024. Metode pelaksanaan market day kewirausahaan STIE Bima menggunakan cara kooperatif dengan target sasaran yaitu mahasiswa melalui tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan market day kewirausahaan sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka STIE Bima menjadikan mahasiswa terjalin komunikasi bisnis antar peeserta didik dan masyarakat luas dan menumbuhkan kembangkan karakter jiwa entrepreneur serta menciptakan atmosfer pengusaha-pengusaha baru yang milenial yang high IPTEK dan adaptif dengan lingkungan sekitar